Fitur Clear Mode di TikTok Bikin Nonton Makin Nyaman

Muhammad Iqbal Mawardi . June 02, 2022

Foto: TikTok

Teknologi.id – Beberapa pengguna TikTok menghadirkan fitur Clear Mode, yang memungkinkan mereka menonton video tanpa overlay UI yang biasanya menampilkan hal-hal seperti tombol favorit dan komentar serta info lain tentang video tersebut. 

TikTok mengonfirmasi kepada TechCrunch bahwa saat ini sedang menguji fitur tersebut, tetapi tidak jelas berapa banyak orang yang memiliki akses ke sana.

Mereka yang berada di grup uji dapat mengakses mode hapus dengan menekan dan menahan video, lalu mengetuk tombol Clear Mode pada menu yang muncul. 

Metode yang sama dapat digunakan untuk keluar dari mode hapus, dan ada juga tombol di sudut kanan bawah yang akan mengembalikan kita ke UI standar.

Baca juga: Ikuti Tips Ini untuk Bikin Konten Tiktok Semakin Maksimal

Jika kita mengaktifkan Clear Mode, kita akan dapat menonton TikTok tanpa semua jendela chrome, tetapi jika kita menggulir ke video berikutnya, UI kembali, dan kita harus mengaktifkan kembali mode clear jika kita ingin mendapatkan pengalaman video layar penuh yang sebenarnya. 

Fakta bahwa TikTok menambahkan ini terasa seperti bukti yang lebih kuat bahwa perusahaan lebih fokus pada video yang lebih panjang, dalam setahun terakhir, batas waktu maksimum untuk TikToks telah diperluas dari satu menit menjadi 10 menit. 

Sementara UI yang menghalangi untuk video 30 detik mungkin hanya sedikit mengganggu, tidak banyak orang ingin menonton sesuatu selama 10 menit sementara konten utama ditutupi oleh tombol dan teks dan ikon yang terus bergerak.

Merancang mode untuk fokus pada konten yang lebih panjang juga akan menjelaskan mengapa kita harus mengaktifkannya kembali setiap saat, jika itu adalah pilihan yang disengaja. 

Meskipun sulit untuk membenarkan pengaktifan menu tekan lama dan mengetuk tombol untuk menonton sesuatu yang berdurasi kurang dari satu menit, lebih masuk akal untuk sesuatu yang ingin kita tonton.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar