Daftar Aplikasi Office untuk Bekerja Bersama Dimanapun dan Kapanpun

Luthfiana Mifta . July 29, 2020


Foto: Microsoft


Teknologi.id - Berbicara soal bekerja, sebenarnya tidak semua pekerjaan harus dikerjakan di kantor apalagi dengan situasi pandemi seperti sekarang ini. Keputusan untuk Work From Home tentunya membuat banyak orang berpikir bagaimana cara untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada secara bersama-sama dengan rekan kerja dan tetap bisa berjalan efektif dan efisien meskipun dengan jarak yang jauh. 

Jika kalian sedang mencari aplikasi office untuk bekerja bersama, berikut ini adalah daftar aplikasi office untuk bekerja bersama secara  secara online dimanapun dan kapanpun.

Baca juga: Cara Menyimpan Foto dari Ms. Office Jadi Format JPEG, Dijamin Gampang!

1. Microsoft Office


Foto: DevsJournal


Microsoft Office merupakan perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft yang dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Sebagai jagonya aplikasi dokumen, Microsoft memiliki aplikasi Office yang cukup legendaris. Tak mau ketinggalan, Microsoft juga menyediakan Office Online secara gratis. Kalian bisa menggunakan Words, Excel, PowerPoint, dan lainnya. Semua itu bisa diakses baik melalui aplikasi di smartphone ataupun melalui situs web.

2. Google Docs


Foto: howtogeek


Google Docs adalah produk kolaborasi berbasis cloud gratis dari Google. Cara menggunakan aplikasi ini juga mudah, asalkan kalian punya ID Google atau akun Gmail, kalian bisa langsung memakai Google Docs. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk mengakses dokumen dari perangkat apapun. Tidak hanya itu, kalian juga bisa membuat dan mengedit dokumen bersama pengguna lainnya.

Jika ingin share dokumen juga bisa loh. Untuk Google Docs yang lebih komplit tersedia dengan versi berbayar sebagai bagian dari G Suite. Selain itu, Google juga telah menyediakan versi gratisnya yang bisa diakses melalui aplikasi smartphone ataupun browser.

3. Dropbox Paper


Foto: Dropbox


Sama seperti aplikasi sebelumnya, Dropbox Paper memungkinkan kalian berkolaborasi dengan rekan kerja untuk membuat atau mengedit dokumen. Yang berbeda dari aplikasi ini adalah tidak adanya aplikasi lembar kerja ataupun aplikasi untuk presentasi. 

Ada dua opsi berbagi yang disediakan oleh Dropbox Paper. Pertama, kalian bisa berbagi dokumen ke seseorang. Kedua, kalian bisa membuat grup dan berbagi dokumen ke dalamnya. Paper merupakan bagian dari layanan penyimpanan cloud Dropbox, oleh karena itu kalian juga bisa menyimpan berkas dan berbagi file ke rekan kerja atau teman dengan mudah.

Baca juga: Memakai Google Classroom Tanpa Internet dan Kuota? Ini Caranya

4. WPS Online Office

Foto: WPS


WPS Office merupakan salah satu aplikasi dokumen yang juga tidak kalah populer. Sama seperti layanan dokumen lainnya, WPS juga memiliki versi online yang bisa dipakai secara gratis. Program ini berada di dalam layanan WPS Cloud, jadi kalian bisa bekerja bersama atau berkolaborasi dan menyimpan data di satu tempat. Selain itu, WPS juga memiliki alat untuk mengkonversi berkas PDF. Layanan ini  tersedia untuk versi smartphone dan versi desktop.

5. Zoho Docs


Foto: Zoho


Kalian bisa membuat, menyimpan, mengedit dan sharing dokumen menggunakan aplikasi yang satu ini.  Zoho Docs, juga memungkinkan kalian untuk melakukan kolaborasi dengan rekan satu tim. Aplikasi ini berbasis cloud, jadi kalian juga bisa mengunggah musik, video atau file lainnya ke penyimpanan cloud. Versi gratis dari aplikasi ini bisa dipakai sampai dengan 5 pengguna dalam satu tim, dengan media penyimpanan 5GB/pengguna. Zoho Docs versi gratis juga menyediakan aplikasi dokumen, lembar kerja, dan presentasi.

Baca juga: Bisa Dicoba! Ide-Ide Bisnis Selama Pandemi COVID-19

(lm)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya