Foto: Vista Create
Teknologi.id - Pada mulanya, Instagram meluncurkan fitur Guides atau dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai Panduan, adalah untuk memfasilitasi para kreator, public figure, dan organisasi untuk membagikan topik penting di masa pandemi COVID-19, seperti tips menjaga hubungan dengan orang lain atau cara menghadapi rasa cemas selama pandemi. Saat ini, fitur Instagram Guides dapat digunakan untuk topik yang membahas lebih dari hal tersebut, baik itu tentang rekomendasi suatu tempat, maupun mempromosikan suatu produk.
Contoh penggunaan fitur Instagram Guides. Foto: Social Media Marketer
Dirangkum dari situs IDN Times dan Social Media Marketer, fitur Instagram Guides bermanfaat untuk meningkatkan awareness dan engagement bagi akun kreator maupun brand. Selain itu, dengan memanfaatkan fitur ini, audiens dapat "dimanjakan" dari segi visual yang menarik, seperti tampilannya yang memiliki kesan eye catching dan konten lebih terorganisir.
Baca juga: Cara Mendapatkan Verifikasi untuk Akun Instagram Anda
Sebelum membuat Guides, penting untuk mengetahui tipe konten apa saja yang dapat dibuat Guides sesuai dengan kebutuhan.
Places
Tipe ini sangat cocok bagi content creator yang akan memberikan rekomendasi suatu tempat, sebab tipe ini basisnya terletak pada lokasi. Bagi para pelaku bisnis, tipe ini dapat digunakan untuk mengarahkan audiens menuju lokasi tempat usaha.
Products
Bagi para pelaku bisnis, tipe ini tentunya sangatlah direkomendasikan. Tipe ini memungkinkan untuk merekomendasikan produk, mengelompokkan dan memberi penjelasan produk. Untuk menggunakan fitur ini, pastikan produk yang dipilih sudah ditambahkan pada fitur Instagram Shop.
Posts
Tipe Instagram Guides ini memungkinkan penggunanya untuk mengelompokkan postingan pribadi maupun konten dari orang lain. Selain itu, tipe ini memiliki cakupan yang lebih luas dan tidak terlalu fokus pada satu topik.
Cara Membuat Instagram Guides
Dikutip dari situs Social Media Marketer, ada sedikit perbedaan tahapan dalam membuat Instagram Guides sesuai dengan tipe konten yang dipilih. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Masuk ke halaman profil Instagram. Klik pada ikon "+" yang terletak di bagian pojok kanan atas. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan. Pilih "Guide".
2. Pilihlah tipe konten yang sesuai dengan kebutuhan, seperti Places, Products, atau Posts.
3. Berdasarkan tipe konten yang dipilih, akan mucul opsi yang berbeda:
Places: untuk mencari geotags, bisa menggunakan folder yang
tersimpan atau lokasi yang pernah dikunjungi.
Products: mencari brand atau menambahkan produk.
Posts: menambahkan postingan pribadi atau postingan dari akun lain yang
telah disimpan.
Baca juga: Tingkatkan Keamanan Remaja, Ini Dia Fitur Terbaru Instagram
4. Klik "Next".
5. Tambahkan judul dan deskripsi pada Guides yang telah dibuat dan
ubah cover sesuai keinginan.
6. Periksa kembali semua komponen yang telah diisi.
7. Sebelum Guides lengkap, pengguna masih dapat menambahkan lokasi sebanyak
4-8 kali.
8. Klik "Next".
9. Klik "Share" untuk mempublikasikan Guides yang telah
dibuat.
Baca
Berita dan Artikel yang lain di Google News.
(sza)
Tinggalkan Komentar