Cara Aktifkan Facebook Jika Akun Kamu Terkunci

Muhammad Iqbal Mawardi . March 20, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Belakangan ini viral perbincangan terkait kiriman email dari Facebook yang akann mengunci akun yang tak mengaktifkan Facebook Protect. 

"Akun Anda memerlukan keamanan tingkat lanjut dari Facebook Protect," tulis dalam email. 

Lebih lanjut, Facebook memberi tahu pengguna jika mereka tidak mengaktifkan Facebook Protect sampai tanggal tertentu, Facebook bakalan mengunci dari akun pengguna sampai mereka mengaktifkannya.

Pengguna juga diminta untuk mengklik tombol tautan berwarna biru besar yang dikirimkan bersamaan dengan pemberitahuan dari Facebook di email tersebut yang bertuliskan "Aktifkan Facebook Protect" untuk memulainya.

Baca juga: Facebook & Instagram Izinkan Ujaran Kekerasan untuk Rusia & Putin

Banyak pengguna yang nganggep itu ada phishing atau spam. Tapi, ternyata itu bukanlah spam, melaikan pemberitahuan resmi dari Facebook. 

Facebook tengah mendorong keamanan yang lebih tinggi untuk beberapa pengguna tertentu di mata publik, dan juga mendorong pengguna yang ada dalam daftar untuk mengadopsi metode keamanan yang lebih baik seperti two factor authentication. 

Jika kita mendapatkan email seperti yang sudah dijelaskan di atas tetapi tidak ingin menekan tombol biru misterius, kita dapat memulai prosesnya dengan cara berikut. 

  1. ‌Buka halaman Facebook
  2. Klik panah di sudut kanan atas, pada desktop, atau pada ikon "hamburger" tiga baris di seluler.
  3. Pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan‌
  4. Pilih Keamanan dan Login di desktop atau pilih Kata Sandi dan Keamanan di seluler.
  5. Di bawah Facebook Protect , kita akan melihat catatan bahwa “Facebook Protect is Off.” 
  6. Klik Memulai jika melalui desktop, atau ketuk panah jika melalui seluler. 

Setelah itu, tinggal ikuti saja petunjuknya. Jika kita memiliki kata sandi yang cukup kuat dan telah mengaktifkan 2FA, maka kita tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Kita hanya akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa kita sudah siap.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar