Bukan Saingi TikTok atau Reels, ini Tujuan YouTube Shorts

Fabian Pratama Kusumah . July 26, 2021

Foto: Telset

Teknologi.id – YouTube merilis fitur bernama shorts yang fungsinya mirip seperti TikTok dan Instagram Reels, pada tangal 23 Juli lalu.

Dari segi tampilan dan kemampuan, Shorts terbilang mirip dengan TikTok dan Reels. Misalnya, pengguna Shorts bisa mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar.

Seperti TikTok dan Reels, Shorts menggunakan format video vertikal, di mana pengguna bisa menggulir layar ke atas dan ke bawah untuk menonton lebih banyak video Shorts.

Pengguna juga bisa memberikan tanda suka (like), tidak suka (dislike), komentar, atau membagikan video Shorts ke platform lainnya.

Tak heran bila Shorts disebut-sebut tampil sebagai pesaing baru TikTok dan Reels. Meski demikian, YouTube sendiri mengaku tak punya strategi khusus untuk bersaing dengan dua penyedia video pendek lainnya itu.

Baca juga: Cara Akses YouTube Premium Gratis Selamanya!

"Masalah melawan atau menyaingi, kita akan fokus saja dengan apa yang ada di YouTube. Kita menciptakan produkkan tujuannya agar pengguna semakin terbantu saat membuat konten yang mereka mau,"

Kata Veronica Utami, Direktur Marketing YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara di Google, dikutip dari Kompas hari Senin 26 Juli 2021.

Ia melanjutkan, salah satu hal yang membedakan YouTube dengan platform lainnya adalah, YouTube merupakan platform streaming video yang memiliki berbagai jenis video.

Misalnya, seperti video musik, pidato, humor, motivasi, pendidikan, dan masih banyak lainnya. Dan seluruh video yang ada di YouTube diunggah oleh pengguna (user generated konten).

Baca juga: Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Meski Layar HP Dimatikan

Ketika mengembangkan Shorts, Veronica mengungkapkan, ada tiga hal yang menjadi fokus utama YouTube, yaitu creation tools (alat kreasi), experience (pengalaman), dan discovery (penemuan).

Pertama, Shorts hadir dengan tujuan agar bisa menjadi alat kreasi bagi kreator untuk membuat video pendek langsung dari smartphone.

Lalu fokus kedua ialah pengalaman. Shorts diharapkan dapat memberikan pengalaman video pendek yang lebih baik lagi.

Terakhir, fokus ketiga dalam pengembangan Shorts ialah discovery. Shorts juga diharapkan menjadi tempat di mana pengguna bisa menemukan konten-konten yang mereka sukai.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar