Foto: Twitter mySooltan
Teknologi.id - Untuk membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM) agar bisa go online
secara cepat dan mudah, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membuat
aplikasi bernama mySooltan.
Aplikasi ini hadir berlandaskan
semangat tumbuh bersama (growing together) Telkom dengan UMKM dan pelaku
ekonomi lainnya melalui pemanfaatan secara maksimal teknologi digital dalam
kehidupan sehari-hari.
Direktur Enterprise &
Business Service Telkom, Edi Witjara menjelaskan, aplikasi ini dilengkapi infrastruktur digital yang dapat
membuka peluang baru, memberikan ide kreativitas, dan memperkuat jaringan
bisnis UMKM melalui kemitraan dengan masyarakat.
"Banyak solusi digital di
mySooltan yang dapat membantu UMKM untuk tetap survive selama pandemi dan di
era kenormalan baru,”
“Seperti solusi connectivity
(sooltanNet), point of sales (Bonum), manajemen toko digital (Sakoo) dan
aplikasi pembayaran melalui uang elektronik (Qren)," ujarnya, Rabu
(15/9/2021).
Edi berkata, kehadiran aplikasi
mySooltan adalah bukti komitmen Telkom dalam mendukung upaya pelaku UMKM selaku
tulang punggung perekonomian nasional untuk melakukan migrasi bisnis ke arah
digital.
Aplikasi mySooltan adalah platform single digital touch untuk UMKM
agar dapat melakukan migrasi bisnis dari model luring ke daring (go online)
secara mudah.
Melalui mySooltan, UMKM bisa mendapat berbagai manfaat untuk mengembangkan bisnisnya, mengatur perputaran roda usaha, serta memperluas pemasaran produk dan/atau jasa yang ditawarkan.
Foto: sooltan
Baca juga: Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik, Indonesia Raih Rekor
Pelaku UMKM dapat memanfaatkan
mySooltan untuk memperkuat bisnisnya secara digital melalui berbagai fitur.
Seperti pengaturan harga modal dan jual barang/jasa, stok produk, manajemen pegawai,
manajemen konsumen, mengimplementasikan penggunaan sistem pembayaran berbasis
uang elektronik, hingga membuat dan mencetak resi secara instan.
Melalui berbagai fitur di
dalamnya, mySooltan menjadi solusi bagi UMKM di Indonesia agar bisa melakukan
proses onboarding secara cepat dan mudah.
Dukungan Telkom untuk
digitalisasi UMKM tidak sebatas melalui pembuatan aplikasi seperti mySooltan.
Edi memastikan, selama ini Telkom
juga telah rutin melakukan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM agar bisa
memperluas jaringan pasar, akses modal, dan mengerti serta memahami penggunaan
teknologi digital demi pertumbuhan usaha ke depannya.
(fpk)
Tinggalkan Komentar