5 Alternatif Terbaik Procreate di Tahun 2021

Nadine Azahra Prasetyo . September 14, 2021

Foto: Procreate


Teknologi.id – Untuk kamu yang suka menggambar dan mendesain, terutama dalam bentuk digital, pasti pernah mendengar aplikasi yang bernama Procreate satu ini. Procreate memang merupakan salah satu aplikasi menggambar digital terbaik saat ini, namun harganya yang cukup mahal dan fakta bahwa aplikasi ini hanya tersedia untuk iOS membuat beberapa orang mengurungkan keinginan untuk menggunakan aplikasi satu ini. Untuk kamu yang naksir berat dengan Procreate namun terhalang karena kamu menggunakan perangkat Android atau karena masalah harga, yuk simak lima aplikasi yang juga sama bagusnya dengan Procreate!


  1. Autodesk SketchBook

Autodesk SketchBook merupakan alternatif pertama yang wajib kamu coba. Autodesk SketchBook memiliki berbagai macam creative tools, juga memiliki user interface yang intuitif. Aplikasi ini mampu menangani kanvas hingga 100 mpx, dengan masih mempertahankan nuansa zoomed-in yang ada pada saat menggambar secara tradisional. Autodesk SketchBook juga hadir dalam bentuk aplikasi Windows dan Android, sehingga aplikasi ini dapat menjadi alternatif yang cocok untukmu yang menggunakan perangkat Android. 


  1. Adobe Photoshop Sketch

Adobe Photoshop Sketch merupakan pilihan alternatif yang kedua. Dalam hal presisi, aplikasi ini mampu bersaing dengan Procreate. Adobe Photoshop Sketch juga memiliki berbagai macam alat yang dibuat secara profesional, seperti pena, pensil dan penghapus. 


Meskipun Procreate dapat dikatakan memiliki user interface yang lebih bagus, Photoshop Sketch selangkah lebih baik dalam hal customization. Photoshop Sketch menawarkanmu kebebasan dalam membuat variasi kuas yang tak terbatas, dan bila kamu memiliki Photoshop atau Adobe Illustrator di komputermu, maka kamu bisa dengan mudah mengirim gambar atau desain yang kamu buat di aplikasi ini, dan membukanya di komputer melalui aplikasi Photoshop atau Illustrator. 


Photoshop Sketch juga memungkinkanmu menambahkan layer demi layer untuk penggambungan, penyusunan ulang atau penggantian yang mulus pada saat menggambar. Selain itu, kamu turut mendapatkan akses yang cepat ke 11 alat yang berbeda untuk menyesuaikan ukuran, warna, dan opasitas.


  1. Concepts

Kalau kamu berniat untuk menggunakan Procreate karena ingin menggambar storyboards yang bagus atau membuat sketsa ide dengan presisi yang mumpuni, maka Concepts merupakan alternatif pilihan yang tepat untukmu. 


Aplikasi ini memiliki user interface yang rapi dan dengan set kuas, pensil, dan pena yang solid, kamu akan mendapatkan fleksibilitas untuk menciptakan karya sesuai dengan keinginanmu. Seperti Procreate, Concepts juga menawarkan sistem layering yang cukup bagus. Fitur lain yang menjadikan Concepts sebagai pesaing kuat dari Procreate adalah kemampuan membuat sketsa berbasis vektor yang fleksibel. Bila kamu ingin memegang lebih banyak kontrol, maka kamu juga dapat menyesuaikan kanvas, alat, dan gestures dalam aplikasi ini. 


  1. ArtFlow

ArtFlow merupakan alternatif lain dari Procreate, terutama bila kamu lebih suka menggunakan stylus untuk menggambar. Salah satu kelebihan Procreate adalah penggunaannya yang didukung secara penuh oleh Apple Pencil. Untuk menyaingi hal tersebut, ArtFlow turut mendukung penggunaan stylus di perangkat Android (dukungan NVIDIA DirectStylus). Seperti Procreate dan Apple Pencil, ArtFlow juga mendukung fitur palm rejection untuk proses menggambar yang lebih nyaman. 


Hal lain yang membuat ArtFlow mampu menyaingi Procreate adalah paint enginenya yang berakselerasi GPU. Hal ini memungkinkannya untuk berjalan dengan lancar di perangkat Androidmu. Selain kinerja yang mulus, ArtFlow juga mendukung penggunaan kanvas hingga 6144x6144, dengan 50 layer dan lebih dari 100 kuas. Bukan itu saja, ArtFlow juga memiliki pilihan untuk mengekspor file dalam berbagai format, termasuk PNG, JPG dan PSD. 


  1. ibis Paint X

ibis Paint X merupakan alternatif terakhir dari Procreate yang juga memiliki banyak creative tools yang dirancang secara profesional. ibis Paint X memiliki lebih dari 2.500 material, lebih dari 800 font, dan sekitar 380 kuas yang memungkinkanmu untuk menggambar dengan optimal. Kuas ibis Paint X memiliki kualitas yang hampir sama dengan kuas Procreate, dan tersedia dalam jumlah yang besar dan presisi yang tinggi. 


Sama seperti Procreate, ibis Paint X juga memungkinkanmu untuk menambahkan layer sebanyak mungkin yang kamu butuhkan. Dengan fitur stroke stabilization yang dimiliki oleh ibis Paint X, kamu juga mendapatkan presisi dan kemampuan untuk mengontrol setiap aspek dari desainmu. 


(NAP)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler