Smartphone Android Kini Bisa Kirim Pesan Otomatis

Stefanie Tanaki . February 26, 2021

Foto: Android Police

Teknologi.id - Selama satu atau dua tahun terakhir, Google Message telah berkembang dalam dua arah yang berbeda. Yang pertama adalah menjadi aplikasi yang bersaing dengan iMessage. Untuk tujuan ini, Google Message dapat mengaktifkan "Fitur Chat" RCS di semua ponsel Android di berbagai negara, dan menghadirkan kemampuan serupa iMessage lainnya seperti menggunakan reaksi emoji pada pesan.

Arah lain yang telah berkembang adalah menjadi lebih produktif seperti Gmail. Tanda terbesar dari pertumbuhan ini adalah perkembangan terbaru dari “Message Organization” yang dengan rapi dan otomatis dapat mengurutkan percakapan SMS atau RCS pengguna ke dalam grup seperti "Personal”, “Transaction”, dan "OTPs”.

Baru-baru ini, Google diketahui telah memperbarui beberapa fitur pada aplikasinya. Salah satunya adalah pembaruan fitur pada Google Message pada perangkat Android.

Pengguna mungkin sudah mengetahui bahwa beberapa aplikasi seperti Gmail dan Telegram mempunyai fitur untuk menjadwalkan pengiriman pesan. Sekarang Google Message juga mengikutinya.

Dilansir dari 9to5 Mac, pada hari Jumat (26/2), sebenarnya fitur tersebut telah muncul pada November 2020. Namun saat itu, fitur ini dimunculkan untuk beberapa pengguna sebagai bagian dari tes a atau b. Namun, saat ini Google telah mengumumkan bahwa fitur tersebut akan hadir untuk semua orang yang menggunakan Google Message pada perangkat dengan sistem operasi Android 7 atau yang lebih baru.

Baca juga: Ini Dia 6 Fitur Baru Google untuk Perangkat Android

Dengan fitur ini, pengguna dapat menjadwalkan pesan teks untuk dikirim waktu dan tanggal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Foto: Android Police

Fitur ini dapat membantu pengguna untuk menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada orang tersayang pada tengah malam atau mengirim pesan kepada seseorang nanti sebelum pengguna lupa apa yang ingin dikatakan. Selain itu, fitur ini juga bermanfaat bagi kamu yang ingin mengirim pesan kepada orang di beda negara dengan zona waktu yang berbeda.

Bagi kamu yang ingin menggunakan fitur ini, berikut langkah yang harus kamu lakukan:

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX Designer, Product Research, Esport Business Class, Digital Marketing, dan Sales & Marketing Professional bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events
  • Download atau perbarui Google Message versi terbaru
  • Buka Google Messages di ponsel Android, lalu pilih tujuan pengiriman pesan
  • Ketik teks pesan
  • Selanjutnya, klik dan tahan tombol kirim secara bersamaan
  • Setelah itu, akan muncul menu jadwal. Kemudian, tentukan jadwal tanggal dan waktu pesan ingin dikirimkan
  • Setelah selesai, klik kirim

Setelah pengguna menentukan jadwal dan mengirimkannya, pengguna akan melihat konfirmasi bahwa pesan tersebut adalah pesan terjadwal. Dengan itu, pesan tersebut tidak akan sampai ke penerima hingga tanggal dan waktu yang dipilih.  Untuk mengedit jadwal, teks, membatalkan atau mempercepat pengiriman, pengguna dapat mengklik ikon jam di sebelah pesan.

Foto: Android Police

Baca juga: Menkes Budi Resmi Izinkan Vaksin Mandiri "Gotong Royong"

Sebagai catatan, karena peluncuran baru saja dimulai, mungkin diperlukan sedikit waktu agar seluruh pengguna dapat menggunakan fitur tersebut.

(st)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler