Siap Saingi Twitter, Ini 8 Fitur Unggulan Threads

Reza Arafah Suharli . July 06, 2023

threads

Foto: Meta

Teknologi.id - Perusahaan teknologi Meta kini sudah secara resmi meluncurkan aplikasi Threads yang digadang-gadang menjadi saingan dari aplikasi Twitter. Threads merupakan aplikasi berbasis teks yang hampir mirip dengan Twitter. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berdiskusi dan terhubung dengan orang lain.

Pengguna Aplikasi Threads juga bisa menggunakan fitur unggah ulang, menyukai, dan membatasi siapa saja yang dapat membalas unggahan milik mereka. Selain itu, masih banyak lagi keunggulan dari fitur pada Threads yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk beralih atau menggunakan aplikasi ini. 

8 Fitur Unggulan Aplikasi Threads

1. Menulis 500 Karakter dan Mengunggah Video Berdurasi 5 Menit

Ilustrasi

Ilustrasi microblogging pada aplikasi threads. Foto: Kompastekno

Dalam aplikasi Threads, kamu bisa memanfaatkan fitur microblogging dengan mengunggah sebuah unggahan berisi maksimal 500 karakter. Sehingga, kamu bisa menuliskan cukup banyak hal dalam satu unggahan. Selain itu, kamu juga bisa menyertakan berbagai link, foto, dan video dengan durasi maksimal 5 Menit pada suatu unggahan. Nantinya, kamu  bisa membagikan postingan yang kamu telah buat di Threads ke Instagram Story maupun aplikasi lain yang tersedia dan terhubung dengan Meta. 

Baca Juga : Resmi Dirilis, Threads Aplikasi Mirip Twitter Besutan Meta Kini Sudah Bisa Diunduh

2. Melakukan Block, Mute, dan Batasi Akun


Ilustrasi block,mute, dan batasi akun pada threads. Foto: Theguardian

Threads dibuat dengan tujuan membangun sebuah media yang memungkinkan penggunanya membuat percakapan atau interaksi yang positif dan produktif. Pada aplikasi ini kamu bisa mengkontrol bagaimana dan siapa saja yang bisa melihat konten yang telah kamu unggah. Selain itu, kamu juga bisa mengontrol siapa saja yang bisa membalas unggahan kamu.

Dalam aplikasi Threads kamu juga menambahkan kata tersembunyi untuk memfilter balasan berisi kata-kata tertentu yang mungkin tidak ingin kamu baca. Lebih kerennya lagi, Akun yang telah kamu Block melalui Instagram akan otomatis terblokir dan dalam aplikasi Threads. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan hal ini kepada semua orang di platform yang tidak secara langsung terhubung dengan akun Threads milik kamu. 

3. Membangun dan Memperluas Komunitas Melalui Follow

Ilustrasi follow dalam aplikasi threads. Foto: Cnbcindonesia

Aplikasi Threads memiliki kemampuan untuk secara otomatis membawa daftar Followers dan Following yang ada pada akun Instagram kamu. Sehingga kamu tidak perlu membangun sebuah komunitas dari nol. Meskipun begitu aplikasi ini tetap memungkinkan kamu untuk memperluas komunitas. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan Follow pada akun lain yang mungkin belum terhubung melalui Instagram. 

4. Forum Diskusi dan Konten Favorit


Ilustrasi dorum diskusi pada aplikasi threds. Foto: Medcom.id

Pada bagian deskripsi, aplikasi Threads dikatakan memiliki sebuah forum untuk berdiskusi mengenai berbagai macam topik yang kamu inginkan. Mulai dari masalah yang tengah terjadi hingga trend mendatang. Sehingga kamu dapat berbagi pendapat, ide, dan kreativitas dengan pengguna lain. Melalui forum diskusi ini juga, kamu dapat melihat rekomendasi film, saran karier atau pekerjaan, hingga pertanyaan lain. Pertanyaan kamu serta percakapan yang terjadi dalam forum bisa bersumber dari banyak orang bahkan orang ahli dari berbagai bidang. 

Selain forum diskusi, kamu juga bisa terhubung dengan pembuat konten atau Content Creator yang kamu sukai dan ikuti. Kamu juga bisa terhubung dengan pengguna lainnya yang memiliki minat konten yang sama . Sehingga, kamu dapat membangun sebuah komunitas dengan minat yang sama.

5. Profile dan Unggahan yang Dapat Diakses oleh Pengguna Aplikasi Lain


Ilustrasi pemberitahuan interaksi yang bisa dilakukan dengan pengguna aplikasi lain. Foto: Meta

Pada dasarnya Meta akan bekerja sama dengan ActivityPub dalam rangka memberikan kebebasan dan banyak opsi bagi para pengguna Threads. Dengan melakukan kerja sama ini, Threads memungkinkan para penggunanya berinteraksi dengan pengguna aplikasi lain yang memiliki atau tidak memiliki akun Threads serta sebaliknya. 

Jika kamu memiliki Public Profile maka unggahan kamu dapat diakses secara bebas oleh pengguna aplikasi lain. Sehingga, kamu bisa menjangkau orang atau komunitas baru tanpa melakukan upaya tambahan. Namun jika kamu memiliki Private Profile, kamu hanya bisa berinteraksi dengan sesama pengguna Threads. 

6. Fitur Feed


Ilustrasi feed pada threads. Foto: Meta

Threads memungkinkan para penggunanya untuk melihat berbagai macam unggahan dalam fitur Feed. Sehingga, kamu bisa melihat unggahan semua pengguna Threads. Bahkan kamu bisa melihat unggahan orang yang tidak kamu ikuti dalam Feed di Threads milik kamu. Ini merupakan indikasi yang dilakukan oleh Meta. sehingga Feed kamu terdiri dari campuran akun yang terhubung dengan kamu dan rekomendasi algoritma.

7. Public dan Private Profile 


Ilustrasi profile pada threads. Foto: Drberita

Aplikasi Threads memberikan pilihan Public dan Private pada Profile penggunanya. Dimana jika penggunanya memilih Public profile, maka profile dan unggahan dalam akun tersebut dapat dilihat siapapun. Tetapi jika kamu merasa risih, kamu bisa memilih Private Profile. Sehingga akun yang kamu miliki hanya bisa dilihat oleh orang yang terhubung dengan akun kamu. Namun, pengguna dengan umur 16 tahun atau 18 tahun akan secara otomatis memilih Private Profile. 

8. Notifikasi dalam Fitur Activity


Ilustrasi fitur activity pada threads. Foto: Kompastekno

Pada aplikasi ini, terdapat fitur Activity yang memungkinkan penggunanya untuk melihat semua notifikasi. Notifikasi ini dibagi kedalam 4 pilihan yaitu All, Replies, Mentions, dan Verified. Melalui pilihan All, kamu bisa melihat semua notifikasi dan aktivitas yang ada. Namun dalam pilihan Replies, Mentions, dan Verified kamu hanya bisa melihat komentar atau thread yang menyebutkan akun kamu. 

Cara Log In pada Aplikasi Threads


Ilustrasi log in pada aplikasi Threads. Foto: Kompastekno

Sebagai aplikasi buatan Meta, Threads terhubung dengan Instagram. Dimana proses Log In bisa dilakukan jika kamu memiliki akun Instagram. Jadi bagi kamu yang sudah memiliki kaun Instagram, kamu bisa membuat akun Threads melalui akun Instagram pribadi milik kamu. 

  • Download aplikasi Threads.
  • Pilih Log In dan masuk ke akun Instagram yang ingin kamu gunakan.
  • Ketika melakukan Log In, kamu akan mendaptakan notifikasi Log In Activity yang masuk ke akun Instagram kamu. 
  • Pilih Setuju untuk melanjutkan
  • Ketika semua langkah diatas sudah kamu lakukan, kamu tinggal menikmati berselancar di dalam aplikasi Threads.

Baca Berita dan Artikel yang lain di  Google News

(ras)

Share :