Paris Hilton Luncurkan Bisnis Metaverse di Roblox!

Fikriah Nurjannah . December 29, 2021

foto : reuters.com

Teknologi.id – Paris Hilton akan bekerja sebagai DJ selebriti dengan bayaran sebanyak $1 juta per malam, untuk menghibur pada pesta di klub di China, Dubai dan di pulau Spanyol, Ibiza. Malam Tahun Baru ini, dirinya akan memainkan perangkat elektronik untuk orang-orang yang berpesta yang mampir pada tempat yang berbeda, di pulau virtualnya di Roblox.

Hilton menciptakan sebuah pulau di dunia maya online, yang dijuluki sebagai Paris World. Pada dunia maya tersebut, pengunjung dapat menjelajahi replika digital dari perkebunan Beverly Hills dan rumah anjingnya, berjalan-jalan di trotoar yang terinspirasi dari perayaan pernikahan karnaval neon yang dirinya dan suaminya, Carter Reum, selenggarakan pada awal tahun ini di Dermaga Santa Monica di California. Pengunjung juga dapat menjelajahi pulau dengan mobil sport mewah atau kapal pesiar Sunray.

Seperti tempat nongkrong virtual lainnya, Paris World akan mengumpulkan pembayaran kecil untuk membeli pakaian virtual atau memesan perjalanan dengan jet-ski.

"Bagi saya, metaverse adalah tempat di mana Anda dapat melakukan semua yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan nyata di dunia digital," kata Hilton. Dirinya yang bekerja untuk menciptakan aspek-aspek kehidupannya, menjelajahi dunia untuk para penggemar.

"Tidak semua orang dapat mengalaminya, jadi itulah yang telah kami kerjakan bersama selama setahun terakhir, yakni memberi mereka semua inspirasi saya tentang apa yang saya inginkan di dunia itu."

Hilton bergabung dengan selebritas dan brand lainnya untuk bergegas merangkul metaverse, istilah luas yang mengacu pada dunia virtual. Mark Zuckerberg dari Facebook mempopulerkan istilah tersebut dimana tahun ini ia mengganti nama perusahaan menjadi Meta untuk menekankan peran sentral metaverse untuk masa depan perusahaan.

Brand seperti Tommy Hilfiger meluncurkan lini busana siap pakai digital untuk avatar Roblox. Nike membuka dunia virtual yang disebut Nikeland pada bulan November, di mana pengunjung dapat bermain dodgeball dengan teman-teman, mengenakan sepasang sepatu kets Air Force 1 virtual, dan memenangkan medali. Rapper Lil Nas X dan Travis Scott juga telah mengadakan konser tahun lalu untuk jutaan penonton konser virtual.

Bagi sosialita dan bintang reality TV yang menjadi pengusaha itu, Paris World adalah usaha terbaru yang diluncurkan oleh perusahaan media barunya, 11:11 Media. Hilton dan veteran eksekutif media, Bruce Gersh, memiliki tujuan untuk memanfaatkan ekonomi pencipta yang sedang berkembang, di mana selebriti seperti LeBron James dari Los Angeles Lakers memanfaatkan pengaruh mereka untuk memproduksi film, acara televisi, dan podcast, pemasaran brand dan menjual merchandise.


NASA Akan Luncurkan Misi ke Asteroid Logam Aneh Psyche Tahun 2022


Hilton paling dikenal untuk acara televisi realitas "The Simple Life," di mana dia dan sosialita selebriti, Nicole Richie, membuang limosin mereka untuk bepergian ke Amerika dengan bus Greyhound. Hilton mengatakan tindakan itu adalah lelucon, “Saya selalu terlibat dalam lelucon, tetapi saya tahu persis apa yang saya lakukan. Di balik layar, saya membangun sebuah brand."

Dirinya telah memanfaatkan ketenaran halaman gosipnya menjadi 19 lini produk konsumen yang berbeda, termasuk parfum, pakaian, pakaian dalam, kosmetik, jam tangan, kacamata hitam, sepatu, tas jinjing tangan, dan perhiasan, yang bersama-sama menghasilkan pendapatan sekitar $4 miliar selama dekade terakhir.

Suami Hilton yang merupakan bankir investasi, Reum, memperkenalkan Hilton kepada Gersh, mantan Eksekutif Walt Disney Co dan Time Inc, untuk menciptakan perusahaan media bagi salah satu influencer asli budaya pop itu, ungkap perusahaan.

Sejak diskusi awal tersebut, 11:11 Media telah meluncurkan "This Is Paris," yakni podcast di mana dia berbicara terus terang tentang keluarga dan teman-temannya, dan sepasang serial TV realitas, "Cooking With Paris" di Netflix dan "Paris In Love" yakni mengenai pertunangan dan pernikahannya dengan Reum.

Hilton juga telah memanfaatkan mania untuk token yang tidak dapat dipertukarkan, berkolaborasi dengan desainer Blake Kathryn untuk menjual tiga karya seni digital unik, yang salah satunya terjual lebih dari $1,1 juta, menurut platform lelang online Nifty Gateway.

"Bagian terakhir dari ruang digital adalah metaverse," kata Gersh. "Kami pikir ada peluang nyata bagi Paris untuk dapat mempengaruhi, bahkan pada tingkat customer yang lebih muda. Kami telah membangun dunia yang aneh dan fantastis yang kami yakini akan disukai oleh penggemar dan penggemar barunya."

(fnj)

Share :