Resmi! TikTok Music Tutup November 2024, Pengguna Wajib Lakukan Ini

Vanessa Netanya . September 26, 2024

TikTok Music tutup

Foto: TikTok

Teknologi.id - Kabar mengejutkan datang dari Tiktok Music yang akan berhenti beroperasi pada 28 November 2024. Dengan ditutupnya platform streaming musik keluaran ByteDance ini, data pribadi setiap pengguna akan dihapus bersih dari aplikasi.

TikTok Music diluncurkan pertama kali pada tahun 2023 di Brazil dan Indonesia, yang kemudian lanjut meluas pada negara Mexico, Australia, dan Singapura. Aplikasi ini menjadi pengganti Resso, platform musik yang dulu juga beroperasi di bawah ByteDance.

Belum diketahui secara pasti alasan TikTok Music menutup layanan streamingnya secara mendadak. Melalui unggahan TikTok di blog resminya, mereka mengucapkan terima kasih atas dukungan penggunanya selama ini.

"We would like to thank you for all of your support, and we hope you enjoyed the music" tulis TikTok Music.

Lalu, apa yang akan terjadi jika telah berlangganan TikTok Music?

Mengambil dari Liputan 6 yang mengutip Engadget pada Kamis (26/9/2024), pengguna akan mendapatkan pengembalian dana melalui perantara uang digital yang telah dihubungkan. Pengguna yang berlangganan melalui Google Play akan mendapat pengembalian dana setelah tanggal platform ditutup. Disamping itu, pengguna Apple Pay harus mengajukan pembatalan layanan di Apple sebelum tanggal 28 November.

Mengingat platform akan tutup permanan, jangan lupa untuk memindahkan playlist Anda ke layanan platform lainnya. Pengguna streaming musik tentu memiliki berbagai playlist atau lagu yang disimpan pada platform. Anda tidak perlu cemas tidak bisa menyimpan lagu yang diketahui dari TikTok lagi, karena platform streaming video pendek tersebut mengeluarkan fitur yang dapat menghubungkan lagu yang disimpan di TikTok ke aplikasi musik lain.

Fitur Baru TikTok

Seolah memberikan pengguna alternatif untuk mendengarkan musik, TikTok telah terlebih dahulu meluncurkan fitur yang dapat menghubungkan platform dengan aplikasi streaming musik lain.

TikTok mengumumkan peluncuran fitur Add Music (Tambah Lagu) pada track yang berada di bawah video.

Melalui fitur tersebut, pengguna akan diarahkan ke layanan streaming musik yang sudah dihubungkan dengan TikTok. Pengguna dapat memilih layanan streaming yang akan dijadikan pilihan default, seperti Spotify, Apple Music, hingga Amazon Music.

Tekan tombol "Add to music app" untuk menyimpan lagu yang telah dipilih.

Baca juga: Kenapa Komentar Menjadi Biru di TikTok? Begini Cara Kerjanya

Fitur TikTok Add Music baru tersedia bagi pengguna yang berada di Amerika Serikat dan Inggris. Peluncuran fitur ini akan lanjut diluncurkan ke berbagai negara secara bertahap. Pengguna di Indonesia harus bersabar terlebih dahulu sebelum merasakan pengalaman menyimpan lagu dalam satu kali ketukan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :