Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan dengan ChatGPT Agar Lebih Produktif

Novita Nurjannah . June 23, 2023

Sumber : Unsplash

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang berbagai cara menggunakan ChatGPT, model bahasa inovatif dari OpenAI? ChatGPT adalah alat serbaguna yang dapat digunakan dengan berbagai cara untuk meningkatkan produktivitas dan pembelajaran Anda.

Apakah Anda sedang mencari jawaban cepat untuk pertanyaan trivia atau penjelasan mendalam tentang konsep kompleks? Jika iya, maka model pengolahan bahasa ini dapat menjadi sumber informasi Anda.

Saat ini, siapa pun dapat mengakses versi beta secara gratis, jadi mari kita jelajahi beberapa cara menggunakan alat ini untuk membuat hidup Anda lebih mudah dan lebih produktif. Simak ulasannya, dihimpun dari Diajar Tekno.

1. Hasilkan ide dan brainstorming

Anda ingin menghasilkan ide untuk tema rapat tahunan yang akan datang? Atau brainstorming daftar topik untuk posting blog Anda berikutnya? Sistem ini dapat membantu dengan itu. AI bahkan dapat menghasilkan ide resep atau seluruh rencana makan.

2. Dapatkan rekomendasi hasil personalisasi

Alat ini dapat bertindak sebagai asisten belanja, asisten kesehatan, atau bahkan petugas bioskop yang memberi Anda rekomendasi film khusus yang disesuaikan dengan kesukaan dan ketidaksukaan Anda.

3. Memahami topik yang rumit

Jika Anda ingin memahami pembelajaran mesin, atau mencari tahu bagaimana komputasi kuantum digunakan, program ini dapat memberi Anda ikhtisar yang ringkas dan jelas dalam istilah awam.

4. Bawa asisten penulis

Beri tahu alat ini apa yang Anda tulis, apakah itu puisi, artikel berita, email, atau esai penerimaan perguruan tinggi. Anda akan mendapatkan konten yang disesuaikan yang dapat digunakan dalam berbagai situasi.

5. Buat ringkasan penelitian terbaru

Tahukah Anda bahwa sistem ini  dapat meringkas riset untuk Anda, termasuk seluruh laporan, halaman web, atau studi? Anda dapat memberikan beberapa konten dan itu akan meringkas konten itu untuk Anda.

6. Dapatkan bantuan untuk coding dan debugging

Program ini dapat memberikan contoh kode, mencari sintaks dan parameter, atau membantu Anda memecahkan masalah dengan memberikan solusi untuk masalah atau kesalahan pengkodean umum.

7. Terjemahkan teks

Berikan sistem ini tulisan Anda, dan itu dapat menerjemahkannya ke dalam 95 bahasa berbeda.

8. Buat pertanyaan pilihan ganda

Chatbot ini dapat menghasilkan pertanyaan pilihan ganda untuk berbagai mata pelajaran dan topik. Berikan saja beberapa informasi tentang materi pelajaran dan tingkat kesulitan dari pertanyaan yang Anda cari. Misalnya, memberikan daftar pertanyaan lanjutan tentang geografi dunia.

9. Dapatkan bantuan dengan rencana perjalanan

Jika Anda merencanakan perjalanan, sistem ini dapat membantu Anda dalam segala hal mulai dari menemukan penerbangan dan akomodasi hingga menyarankan tujuan populer, objek wisata sejarah dan budaya, serta restoran lokal. Tanyakan saja untuk rekomendasi berdasarkan minat dan anggaran Anda, dan itu dapat bertindak sebagai agen perjalanan pribadi Anda.

10. Analisis sentimen dan nada

Jika Anda ingin memahami nada emosional dari sebuah tulisan, chatbot ini dapat menganalisis kata, frasa, dan tanda baca yang digunakan dalam tulisan tersebut dan menentukan apakah sentimen tersebut positif, negatif, atau netral.

11. Temukan kumpulan data

Jika Anda memberitahu bahwa Anda sedang mencari kumpulan data tentang pola cuaca global atau topik lainnya, maka program ini dapat mencari melalui berbagai database online, repositori, dan sumber daya untuk menemukan kumpulan data yang relevan untuk Anda. Anda dapat menggunakan kumpulan data untuk penelitian, intelijen bisnis, atau bahkan melatih model pembelajaran mesin.

12. Latih dengan data Anda sendiri

Anda dapat mengumpulkan data Anda sendiri, memasukkan data tersebut ke dalam model, dan menyempurnakan parameter model dengan algoritma. Kemudian setelah dilatih tentang data spesifik Anda, Anda dapat mengekspor model dan mengembangkan API yang memungkinkan sistem Anda berinteraksi dengan alat dan platform lain.

13. Maju dalam karir

Program ini dapat membantu Anda dengan pencarian pekerjaan dan persiapan wawancara dan bahkan dapat memberikan saran karir.

14. Tulis lagu baru

Anda dapat menggunakan program ini untuk menulis lagu untuk Anda — bahkan lagu dengan gaya artis favorit Anda.


Share :