Zoom Tetap Tumbuh Hingga 300 Juta Pengguna Meskipun Terlibat Masalah Keamanan

Alda Yuriska . April 24, 2020

Foto: nytimes.com

Teknologi.id - Semenjak pandemi covid-19 merebak dihampir seluruh dunia, Zoom merupakan salah satu perbincangan bagi khlayak umum guna melengkapi kegiatan work from home yang tengah diterapkan. Namun, Zoom juga telah menjadi berita utama baru-baru ini karena semakin banyaknya masalah keamanan dan privasi yang menimpanya, meskipun begitu hal itu tampaknya tidak menghentikan masyarakat berbondong-bondong untuk menggunakan aplikasi ini.

Zoom mengungkapkan bahwa ia telah melampaui 300 juta pengguna Zoom Meeting setiap hari. Hal ini membuktikan kenaikan 50 persen dari 200 juta yang dilaporkan perusahaan awal bulan ini, dan merupakan lompatan besar dari pada bulan Desember yang awalnya hanya 10 juta pengguna. Zoom mengatakan bahwa angka-angka tersebut adalah pengguna rapat harian, yang berarti jika Anda memiliki lima rapat Zoom dalam sehari maka Anda dihitung lima kali menggunakan aplikasi ini

Baca Juga: 3 Perempuan Indonesia Inspiratif di Dunia Teknologi dan Bisnis

Tak hanya itu, Zoom juga menyatakan dalam posting blog yang sama bahwa Zoom telah digunakan oleh lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia  selama masa pandemi ini. Hal ini membuktikan bahwa permasalahan keamanan dan privasi yang muncul pada aplikasi ini tak menghentikan orang-orang untuk tetap menggunakan Zoom.

Saat ini, Zoom telah menerapkan pembekuan fitur 90 hari dan perusahaan akan merilis Zoom versi terbaru 5.0 minggu ini untuk mengatasi beberapa masalah. Zoom 5.0 akan dilengkapi kata sandi secara default, pembaruan enkripsi yang lebih ditingkatkan, dan ikon keamanan baru untuk mengontrol rapat. 

Baca Juga: Waspada, Bahaya Intai 500 Juta Pengguna iPhone dan iPad

(ay)

Share :