Teknologi.id - Weibo, salah satu situs jejaring sosial yang paling populer di Tiongkok (China), dikabarkan tengah mengembangkan saingan untuk Instagram, bernama Oasis. Merupakan media sosial berbagi foto layaknya Instagram, Oasis memungkinkan pengguna mengunggah dan edit foto serta video dengan penanda dan lokasi. Saat ini Oasis sudah dapat dicicipi publik meskipun masih dibutuhkan kode undangan untuk memiliki akun media sosial tersebut.
Mengusung slogan "find a beautiful world", Oasis membidik generasi muda yang tengah bersemangat menjelajahi segala hal baru. Dengan fitur-fitur yang mirip dengan Instagram, pengguna Oasis dapat mengeksplorasi konten yang diinginkan, misalkan gaya hidup, makanan, maupun olahraga. Dengan 486 juta pengguna aktif bulanan, Weibo atau Sina Weibo adalah salah satu perusahaan media sosial terbesar di dunia. Merupakan situs mikroblogging serupa penggabungan Twitter dan Facebook yang telah berusia 10 tahun, tepatnya dilahirkan pada 14 Agustus 2009. Perusahaan ini dinahkodai Sina Corporation. Dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan jejaring sosial ini melambat. Tercatat laba bersih Weibo turun 30% dari tahun lalu secara year-on-year, menjadi USD 103 juta pada kuartal kedua 2019. Hal inilah yang mungkin menjadi dasar memunculkan strategi baru untuk membangkitkan pasar dengan menciptakan layanan berbagi foto tersebut.
(dwk)