Laporan Hasil Streaming Video di Indonesia, Peringkat Satu Kota Sorong

Indah Mutia Ayudita . June 02, 2020

Ilustrasi Streaming Video. Foto: Shutterstock

Teknologi.id - Opensignal, perusahaan analisis seluler independen khusus pengukuran jaringan seluler, baru-baru ini merilis hasil kualitas streaming video dari beberapa daerah di Indonesia.

Hasilnya cukup mengejutkan karena Ibu Kota Jakarta tidak masuk ke dalam 20 besar. Berada di peringkat ke-28, Jakarta dikalahkan Bekasi yang berada di peringkat 19. Bekasi sendiri menjadi kota dengan nilai tertinggi di Pulau Jawa yakni sebesar 60,3.

Baca juga: Cara Memperkuat Sinyal WiFi Tanpa Aplikasi Tambahan

Kota Sorong ternyata menjadi tempat ternyaman untuk melakukan streaming video yang mendapatkan skor 68,1 dengan kecepatan unduh rata-rata 19,2 Mb/s. Posisi kedua dengan skor 67,4 ditempati oleh Kota Ambon dengan kecepatan unduh rata-rata 17,9 Mb/s, dan disusul dengan Kota Jayapura dengan skor 65 dan kecepatan unduh rata-rata 17,3Mb/s.

Ketiganya mendapatkan kecepatan unduhan jauh diatas rata-rata kecepatan unduh nasional sebesar 9,8Mb/s.

Grafik hasil streaming video di beberapa kota besar Indonesia. Foto: Opensignal

Pengguna di 40 kota lainnya mengalami loading streaming cukup lambat pada resolusi rendah dan kebanyakan akan terhenti, terutama ketika akan streaming pada resolusi tinggi.

Survei ini dilakukan pada 44 kota besar di Indonesia mulai 1 Januari 2020 sampai 31 Maret 2020 lalu. Kualitas treaming video ini tentunya berkaitan dengan kecepatan internet, dimana semakin tinggi demand untuk  melakukan streaming video, maka kualitas video akan diturunkan untuk memberikan akses kepada semua pengguna.

Baca juga: Internet Tercepat di Dunia Berhasil Diuji Coba, Tembus 44,2 Tbps!

Meski begitu, secara keseluruhan, ada peningkatan yang berhasil dilakukan. Dalam laporan milik Opensignal sebelumnya, kecepatan pengguna internet hanya sekitar 7Mb/s-12 Mb/s. Kecepatan unggah juga meningkat dari 3,1Mb/s-5,9 Mb/s kini mencapai 4,0Mb/s-8,3Mb/s.

(im)

Share :