Teknologi.id - Instagram kini bukan hanya sekadar media sosial untuk terhubung dengan teman maupun keluarga. Seiring perkembangannya, ada berbagai fitur yang bisa membantu akun personal atau bisnis untuk berjualan di Instagram. Menurut data perusahaan, Instagram saat ini memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan. Sementara untuk profil bisnis, saat ini jumlahnya sudah lebih dari 25 juta. Kepala Bagian Bisnis Berkembang & UKM Instagram, Ferdy Nandes, mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari lima negara dengan profil bisnis terbanyak di dunia.
"Saat ini Instagram memiliki lebih dari 25 juta akun bisnis di Instagram, dan Indonesia merupakan satu dari lima negara dengan jumlah terbesar di dunia. Kita bersaing dengan Amerika Serikat, Inggris, Brasil, dan Rusia," tutur Ferdy di kantor Instagram, seperti dikutip dari Tekno Liputan6, Senin (22/7/2019).
3 Tips Jualan di Instagram
Berikut adalah tiga tips dari Instagram bagi pengguna yang tertarik mengembangkan bisnisnya:
1. Menggunakan Tagar
Tagar atau
Hashtag merupakan cara tepat untuk menemukan banyak hal. Sayangnya, saat ini penggunaan tagar masih jarang digunakan. Instagram pun menekankan penggunaan tagar dengan bijak. Hindari penggunaan tagar dengan jumlah terlalu banyak. Selain itu, usahakan untuk menggunakan tagar khusus yang sesuai dengan bisnis.
2. Pelajari Insight
Instagram menyediakan Insight bagi setiap profil bisnis. Kehadiran fitur ini disebut bisa membantu pelaku bisnis memahami karakteristik audiens mereka dengan lebih baik. Melalui Insight, pelaku bisnis juga bisa menentukan waktu optimal untuk mengunggah konten beserta jumlahnya dalam satu hari. Seandainya kamu mengunggah 10 konten per hari, Instagram mengklaim para follower tidak akan terganggu berkat algoritma yang ada. Algoritma Instagram akan menampilkan unggahan kamu secara bertahap kepada setiap follower.
3. Manfaatkan seluruh fitur yang ada
Tunjukkan ciri khas bisnis-mu, dan jadilah teman untuk konsumen dengan membangun interaksi. Kamu juga harus memanfaatkan berbagai fitur
native Instagram seperti Feed, Stories, Live, hingga IGTV. Selain itu, pelaku bisnis juga bisa memasang iklan di Instagram untuk menjangkau
audiens yang lebih luas. Gimana, cukup jelas dan mudah kan? Selamat mencoba tipsnya!
(dwk)