.jpg&size=720x400)
Foto: Unsplash
Teknologi.id – Teknologi Google I/O tak hanya
dimanfaatkan Google untuk mengumumkan Android 12 saja, namun juga sederet
update untuk beragam produknya. Fitur-fitur baru untuk Google Search yang akan
memberikan hasil pencarian yang lebih pintar menjadi salah satunya.
Emily Moxley selaku VP of Product
Management Google Search menjelaskan bahwa saat ini Google sedang bereksperimen
dengan model kecerdasan buatan atau AI baru bernama Multitask Unified Model
atau MUM. Teknologi ini memungkinkan Google Search untuk memahami pertanyaan
yang lebih sulit sehingga pengguna tidak perlu melakukan banyak pencarian.
MUM diciptakan dengan arsitektur
Transformer. Ini sama seperti teknologi BERT yang diluncurkan Google
sebelumnya. Namun, MUM diklaim 1.000 kali lebih bertenaga dan bisa melakukan
multitasking serta sudah dilatih dalam 75 bahasa.
"MUM bisa multitask untuk mendapatkan pengetahuan yang mendalam, memahami dan menciptakan bahasa, transfer pengetahuan dari satu bahasa ke bahasa lainnya dan benar-benar belajar di berbagi modalitas," terang Moxley.
Baca juga: Terjemahkan Teks di Screenshot dengan Google Lens
MUM akan membuat pengguna Google
Search dapat mencari pertanyaan yang lebih rumit dan sulit dipahami oleh
komputer. Karena terlatih dalam 75 bahasa, MUM juga bisa mentransfer
pengetahuan dari bahasa lain.
Contohnya, saat mencari informasi
tentang mendaki Gunung Fuji, MUM bisa mencari insight dalam bahasa Jepang dan
membantu pengguna mendapatkan hasil pencarian yang sesuai. Hal tersebut dapat dilakukan
meski pengguna tidak menggunakan bahasa Jepang dalam pencarian.
Selain itu, MUM juga dapat memahami
informasi dari teks maupun foto. Jadi jika pengguna ingin mencari tahu apakah
sepatu bot mereka bisa digunakan untuk mendaki Gunung Fuji, mereka cukup
mengambil fotonya dan MUM akan mengarahkan pengguna ke hasil pencarian yang
relevan.
Google Search juga akan kedatangan
fitur 'About this result'. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat
informasi dan konteks tambahan dari hasil pencarian yang mereka dapatkan,
misalnya deskripsi, kapan situs pertama kali diindeks, dan apakah koneksi ke
situs aman atau tidak.
Fitur ini akan diluncurkan secara lebih luas pada bulan ini untuk semua hasil pencarian Google Search dalam bahasa Inggris di seluruh dunia, dan akan tersedia untuk lebih banyak bahasa dalam waktu dekat.
(MIM)