Trakteer dan Saweria, Platform Crowdfunding Terlaris untuk Support Content Creator

Afanin Hazimah . September 12, 2024

Foto: Unsplash.com

Teknologi.id - Istilah crowdfunding digunakan untuk pendanaan berupa modal yang dikumpulkan dari sekumpulan orang yang tertarik terhadap ide usaha yang tengah dibangun. Saat ini, metode crowdfunding telah banyak digunakan untuk mengumpulkan dana oleh pelaku usaha, seperti content creator. Melalui platform-platform yang tersedia, content creator memaksimalkan gagasan dan kekhasan konten yang dibuat untuk menjalankan metode ini. 

Ada banyak platform yang dapat digunakan untuk crowdfunding, dua di antaranya yang paling populer adalah platform dari startup Trakteer dan platform Saweria. Kedua platform ini telah banyak digunakan oleh content creator, khususnya di Indonesia, untuk menghimpun dana dengan konten-konten yang telah disajikan. Berikut penjelasan selengkapnya tentang Trakteer dan Saweria.

Baca juga: Andy F. Noya, Wartawan Senior yang Bangun Startup Crowdfunding: BenihBaik.com

Apa itu Trakteer?

Foto: Trakteer.id

Bergerak di bidang teknologi dan industri kreatif, Trakteer sebagai sebuah startup memiliki misi untuk membentuk dan mendukung komunitas kreator di Indonesia yang bersifat mandiri dari segi finansial atas hasil karya-karyanya sendiri. Maka dari itu, diciptakanlah sebuah platform Trakteer.id yang dapat memonetisasi karya-karya dari kreator sehingga mereka mendapatkan apresiasi dalam bentuk dukungan finansial.

Berangkat dari kegelisahan yang dirasakan Rizki sebagai pendiri Trakteer, saat ia memiliki pengalaman tidak bisa lagi menikmati karya berupa komik dari salah satu kreator komik favoritnya. Kepopuleran platform tempat menggunggah komik tersebut tidak membuat sang kreator komik juga mendapatkan benefit yang lebih banyak dari pembacanya yang telah menyentuh angka ratusan ribu. Akibatnya, kreator tersebut berencana tidak melanjutkan lagi karya-karyanya di platform itu. Menurut Rizki, apabila karya dari kreator tersebut dapat dimonetisasi, maka keuntungan yang diperoleh kreator akan sangat besar. Tentunya hal ini bisa menjadi inspirasi bagi kreator untuk tetap berkarya. Maka didirikanlah paltform yang mampu menyediahkan wadah bagi para kreator dan supporter untuk saling mendukung. 

Bagaimana platform Trakteer bekerja?

Foto: Trakteer.id

Sistem yang ditawarkan platform ini sangat sederhana. Para kreator cukup dengan membuat karya di laman Trakteer, lalu kreator membagikan link dari karya tersebut di sosial media atau di manapun tempat yang bisa diakses banyak orang. Siapapun yang tertarik untuk menikmati karya-karya tersebut dapat bergabung menjadi supporter pada konten trakteer si kreator. Dukungan-dukungan finansial dari para supporter dapat diterima oleh kreator bahkan kreator dapat mencairkan saldo dan mengirimnya ke rekening atau e-wallet yang diinginkan.

Keuntungan lainnya dari Trakteer bagi content creator adalah platform ini menyediakan fitur yang membuat kreator bisa membawa Trakteernya ke dalam kegiatan live streaming. Selain itu, sistem pembiayaan yang diberlakukan oleh Trakteer kepada para kreator pun hanya sebatas potongan biaya sebesar 5%, dan seluruh saldo yang tersisa sepenuhnya adalah milik kreator. Di platform Trakteer ini juga karya yang dibagikan tidak terbatas jenisnya. Kreator dapat membagikan berbagai macam karya, mulai dari foto, artikel, komik, cerpen, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Livy Renata Viral Gunakan Aplikasi Trakteer, Hasilnya Bisa Beli Mobil Mercy

Apa itu Saweria?

Foto: Saweria.co

Sedikit berbeda dengan Trakteer, Saweria merupakan platform yang awal mulanya diciptakan untuk mendukung para kreator dan streamer secara langsung, yaitu saat live streaming. Monetisasi live streaming dilakukan dengan donasi yang diberikan para penggemar secara langsung. Hal ini tentunya akan membuat live streaming yang interaktif antara streamer dengan supporter

Saat ini, Saweria sudah semakin terkenal sebagai platform crowdfunding, sehingga kegiatan donasi tidak hanya dilakukan melalui live streaming. Para kreator dapat menerima donasi kapanpun dengan konten-konten yang telah dihasilkannya. Konten-konten dibuat dan diunggah bukan di laman Saweria, penggemar cukup memberi dukungan finansial saja di platform ini. Adapun untuk konten-konten yang dinikmati, bergantung pada masing-masing kreator, baik dari bentuknya hingga tempat mengakses konten tersebut. Biasanya, kreator akan menyisipkan tautan saweria di profil ataupun konten yang dihasilkan agar para penggemar menjadi tau tentang dukungan melalui Saweria. 

Kreator yang menggunakan Saweria dapat ditemukan salah satunya pada platform TikTokPara kreator TikTok memanfaatkan platform Saweria dengan bermacam cara. Ada yang melakukan live Tiktok lalu menambahkan link atau QR Code Saweria pada tampilan layar saat live streaming agar para penggemar dapat mengaksesnya. Ada juga para kreator yang membuat konten-konten tutorial, podcast, atau video-video kreatif dan menjadikan Saweria sebagai salah satu tempat bagi para penggemar untuk dapat melakukan request  konten. 

Bagaimana platform Saweria.co bekerja?

Foto: Saweria.co

Penggunaan platform Saweria.co cukup mudah dan sederhana. Para kreator dapat langsung membuka web resmi Saweria.co untuk login atau membuat akun apabila belum memiliki akun. Lakukan pengisian username dan nomor rekening atau e-wallet untuk keperluan pencairan saldo. Kreator dapat membagikan link profil Saweria secara luas di sosial media. Para penggemar yang ingin memberikan dukungan kepada kreator dapat mengunjungi link tersebut, lalu mengisi dan membayar sesuai dengan nominal dukungan yang diinginkan. Saat ini, Saweria telah terintegrasi dengan berbagai platform lainnya yang dapat digunakan oleh para kreator untuk mencari dukungan lebih banyak. 

Simpulan

Sampai hari ini, baik Trakteer maupun Saweria telah digunakan oleh banyak kreator sebagai platform crowdfunding. Tercatat pada situs resmi Trakteer, platform ini telah digunakan oleh lebih dari 500 ribu content creator dan mencapai angka 4 juta supporter. Adapun dalam satu hari, pengguna Saweria di live streaming telah mencapai 1000 live streamer dengan kunjungan situs dukungan Saweria melebihi 1 juta kali. Trakteer dan Saweria pun kini telah menjadi platform crowdfunding terlaris untuk mendukung para content creator.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(ah)

Share :