Pemasaran adalah perkara yang susah-susah gampang dalam berbisnis. Ini bukan hanya soal memberitahu masyarakat soal keberadaan dan kualitas produkmu, tetapi soal cara yang tepat sasaran dan efektif untuk memancing orang untuk membeli produkmu hingga menjadi pelanggan setia. Semua orang mungkin bisa berbisnis, tapi tak semua orang bisa memasarkan bisnisnya dengan baik.
Buat kamu para pemilik bisnis, perkara marketing bisa saja kamu limpahkan ke tim marketing. Namun, sebagai pemilik bisnis yang mengambil keputusan final, kamupun perlu pemahaman dan pengetahuan soal marketing agar dapat menganalisa setiap persoalan marketing dengan baik dan menyeluruh. Nah, kalau kamu rasa pengetahuanmu dalam marketing masih kurang mendalam, buku-buku soal pemasaran ini dapat membantumu untuk terlibat aktif dalam marketing bisnismu!
1. Purple Cow
Kalau bicara marketing, rasanya tidak afdol kalau tidak membahas Seth Godin, si raja marketing. Salah satu bukunya yang paling populer adalah Purple Cow. Di dalam buku ini, Seth Godin mengajak kita untuk menjadi berbeda - tidak hanya dalam hal iklan dan pemasaran, tetapi juga produk. Menurutnya, cara-cara kreatif dalam beriklan tidak lagi cukup efektif untuk memancing orang untuk menggunakan produk kita. Produk kitapun juga harus berbeda dan khas bila dibandingkan banyak produk sejenis. Buku ini bisa jadi panduan buat kamu untuk membangun proses pemasaran dan produk yang sama istimewanya.
2. Hooked: How to Build Habit-Forming Products
Ditulis oleh Nir Eyal, Hooked membagikan metode-metode berbasiskan sains dan riset bagi para pebisnis untuk menciptakan produk-produk yang bisa ‘nempel’ dengan penggunanya, membuat penggunanya untuk terus-menerus menggunakan produk dari bisnis atau perusahaan tersebut. Dalam bukunya, Nir Eyal merancang yang disebut dengan Hook Model, sebuah model yang terdiri atas 4 langkah sederhana : Trigger (Pancingan), Action (Tindakan), Variable Reward (Hadiah dari aksi yang dilakukan), dan Investment (Pengalaman yang didapatkan pelanggan). Dari model inilah, kamu bisa bikin produk yang bisa ‘nempel’ banget ke pengguna dan pelangganmu.
3. Contagious: Why Things Catch On
Buku yang ditulis oleh profesor marketing dari University of Pennsylvania, Jonah Berger, mengangkat satu topik yang menarik : bagaimana sesuatu, seperti lagu, video, produk, atau iklan tertentu, bisa ramai diperbincangkan hingga bahkan dikonsumsi oleh banyak orang. Dengan riset yang kuat terhadap berbagai kasus dan produk nyata yang sukses, Jonah Berger memberikan penjelasan dan cara yang detil tentang bagaimana kamu dapat membuat karya atau produkmu menjadi viral dan ramai di masyarakat.
4. Buyology: Truth and Lies About Why We Buy
Dalam buku ini, Martin Lindstrom mengangkat satu pertanyaan penting terkait konsumen : apa yang mendorong seseorang membeli sebuah produk? Berangkat dari pertanyaan tersebut, Lindstrom mengajak kita menyelami temuannya terkait faktor-faktor yang mendorong seseorang membeli, antara lain iklan, slogan, dan endorsement hingga menjelaskan peran pikiran bawah sadar dalam proses keputusan seseorang membeli suatu produk. Ia juga menganalisa dan membungkam berbagai mitos-mitos terkait pemasaran yang tidak benar adanya.
Nah, itu tadi beberapa buku yang bisa kamu baca kalau kamu sedang butuh inspirasi dan pelajaran terkait marketing. Siapa tahu, dengan membaca buku-buku di atas, kamu bisa memasarkan bisnismu dengan lebih tokcer. Selamat memasarkan bisnismu ya!