Teknologi blockchain telah menghadirkan revolusi baru dalam industri keuangan dan seni secara digital. Salah satu inovasi yang menarik perhatian global adalah NFT (non-fungible tokens), aset digital unik yang tidak dapat dipertukarkan antara satu dengan yang lainnya. Selain berperan sebagai alat koleksi dan seni digital, NFT juga memiliki program membership (keanggotaan), yang dapat mengembangkan interaksi dalam komunitas.
Baca Juga: Kegunaan NFT yang Belum Banyak Orang Tau! - Teknologi
Apa itu NFT Membership (Keanggotaan)?
NFT membership merupakan program eksklusif yang memanfaatkan NFT sebagai cara untuk mendapatkan hadiah atau layanan khusus. Melansir dari Opensea.io, layanan NFT membership menawarkan pengalaman yang unik bagi penggunanya, yaitu dengan memberikan akses konten eksklusif, acara khusus, atau hak suara dalam komunitas. Tentunya program ini mengubah kegunaan NFT dari barang koleksi digital menjadi sesuatu yang lebih menarik, berharga, dan tahan lama.
Dengan memanfaatkan potensi NFT membership, brand dan creator tidak hanya dapat meningkatkan nilai dari penawaran NFT mereka, tetapi juga dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan para penggemar. Hal ini akan menciptakan ekosistem yang lebih berkembang, dimana loyalitas dan keterlibatan setiap individu akan dihargai, sehingga semakin memperkuat potensi dan utilitas jangka panjang NFT di dunia digital.
Contoh Proyek dari NFT Membership (Keanggotaan)
Banyak orang kini mulai memanfaatkan keuntungan bergabung menjadi membership (keanggotaan) berbasis NFT. Berikut ini terdapat tiga contoh proyek dari layanan NFT membership (keanggotaan):
Bored Ape Yacht Club (BAYC) Membership
Pertama, Bored Ape Yacht Club (BAYC) membership yang bergerak di industri seni. Perusahaan ini merupakan kumpulan dari 10.000 Bored Ape NFT (non-fungible token) terbatas berbasis Ethereum. NFT ini menampilkan gambar-gambar kera yang unik dan kreatif dengan ekspresi wajah, pakaian, dan lainnya yang berbeda.
Pemilik NFT Bored Ape secara otomatis akan masuk ke dalam keanggotaan BAYC, mereka akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti mendapat server Discord eksklusif, merchandise eksklusif, mendapat NFT gratis dari Bored Ape Kennel Club dan Mutant Ape Yacht Club, dan akses undangan untuk acara khusus anggota.
Pada bulan April lalu, koleksi BAYC berhasil melewati angka 1 juta ETH. Selama 2 tahun sejak koleksi BAYC diluncurkan oleh Yuga Labs, koleksi ini telah berhasil mendapatkan pendapatan lebih dari $2,7 miliar. Pencapaian ini membuat BAYC menempati posisi kedua setelah Axie Infinity dengan penjualan terbanyak pada ruang NFT.
Planies (airBaltic) Membership
Planies adalah layanan membership dari AirBaltic, maskapai penerbangan inovatif asal Latvia. AirBaltic membawa industri penerbangan ke level yang baru dengan menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang menerbitkan NFT.
Planies sendiri merupakan koleksi NFT pesawat kartun digital dengan jumlah 10.000 koleksi yang disimpan di blockchain Ethereum. Planies dibuat dengan 180 ciri yang berbeda, tak hanya dari fisik seperti sayap, mulut, dan mata saja, tetapi koleksi ini juga dibedakan melalui nilai tambah manfaat loyalitas AirBaltic Club.
Banyak manfaat yang akan didapatkan dari AirBaltic Club dengan menjadi pemilik Planies NFT. Para holder NFT bisa mendapatkan 20 poin setiap hari pada akun AirBaltic Club tanpa harus melakukan penerbangan. Poin yang didapat bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan berbagai pilihan hadiah menarik, misalnya tiket penerbangan gratis, voucher bagasi, dan gift cards. Selain itu, holder Planies NFT yang melakukan penerbangan lebih dari 10 kali, akan mendapatkan peningkatan kelas pesawat dari ekonomi ke bisnis. Semakin banyak Planies NFT yang dimiliki, semakin banyak keuntungan yang akan didapatkan
Baca Juga: Cara Baru Manfaatkan NFT Sebagai Alat Investasi - Teknologi
Adidas: Into the Metaverse
Adidas membuat inovasi dalam bidang fashion dan lifestyle dengan menggabungkan bisnis yang sudah ada dengan teknologi Web3. Bekerja sama dengan BAYC, PUNKS Comic, dan Gmoney, Adidas telah merilis beberapa koleksi NFT pada Desember 2021 melalui 3 fase.
Secara keseluruhan Adidas Into the Metaverse NFT berjumlah 30.000 koleksi digital yang disimpan di blockchain Ethereum. Koleksi ini akan memberikan kesempatan bagi pemilik untuk mengklaim barang dagangan fisik eksklusif dengan syarat pembayaran gas fee. Selain itu, para pemilik NFT akan mendapatkan akses untuk menghadiri event eksklusif, serta mendapatkan berbagai merchandise menarik.
Koleksi Adidas Into the Metaverse berhasil terjual dan perusahaan memperoleh pendapatan sekitar $10,94 juta dollar AS dari NFT. Selain itu label pakaian olahraga ini mendapatkan lebih dari 51.000 transaksi di pasar sekunder dengan volume pendapatan sebesar $175,65 juta dollar AS.
Baca Juga: Event Olahraga & Lingkungan Gunakan Tiket NFT Demi Cegah Calo dan Bot - Teknologi
Manfaat dari Membership (Keanggotaan) Berbasis NFT
Program membership berbasis NFT tentunya berbeda dengan program membership tradisional. Berikut merupakan beberapa perbedaannya:
1. Desentralisasi
Program keanggotaan tradisional biasanya bersifat terpusat atau terdapat entitas yang mengendalikan program tersebut. Sentralisasi ini dapat menyebabkan masalah transparansi, karena perusahaan masih bisa mengakses data pribadi pengguna sesuai kebutuhan mereka. Berbeda dengan NFT membership yang dibangun di atas teknologi blockchain yang mengaplikasikan desentralisasi sehingga menjamin keamanan, transparansi, dan terbebas dari kontrol pihak manapun.
2. Kelangkaan dan keunikan
Pada program membership tradisional, setiap anggota cenderung mendapatkan kartu yang sama, jika berbeda mungkin hanya dibedakan berdasarkan level membership saja. Sedangkan, NFT membership menawarkan kesempatan pada setiap individu untuk memiliki aset digital yang berbeda-beda. Sifat dasar NFT juga tidak memungkinkan bagi orang atau kelompok manapun untuk memanipulasi program, menyalin, ataupun menghilangkan aset kepemilikannya, jadi sudah pasti aset yang dimiliki langka dan unik.
3. Potensi pasar sekunder
Berbeda dengan kartu keanggotaan biasa yang tidak dapat diperjual-belikan, NFT membership bisa dirancang untuk dapat diperjual-belikan layaknya sebuah aset. Keuntungan yang didapat oleh pemilik keanggotaan juga akan diteruskan ke pemilik selanjutnya sehingga nilai dari NFT tersebut tetap terjaga. Bagi pemilik bisnis, adanya pasar sekunder juga menguntungkan karena aset NFT dapat diatur untuk menghasilkan royalti melalui teknologi smart contract, sehingga bisnis akan menerima persentase royalti yang telah ditentukan dari setiap aset NFT yang terjual di pasar sekunder.
Bagaimana Cara Membuat Membership (Keanggotaan) NFT di Indonesia?
Layanan membership berbasis NFT ini tentunya menawarkan potensi dan manfaat yang signifikan. Dengan memanfaatkan NFT, perusahaan dapat menciptakan komunitas yang eksklusif, memberikan pengalaman unik kepada pengguna setia, sekaligus meningkatkan nilai perusahaan.
Nusa Finance merupakan sebuah perusahaan layanan keuangan berbasis kripto yang telah meluncurkan platform NFT Marketplace, yaitu pasar terbuka yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan, menyimpan, dan menjual aset NFT (non-fungible token). Nusa Finance hadir sebagai solusi yang menarik bagi bisnis yang ingin memanfaatkan potensi keanggotaan NFT untuk pertumbuhan dan kesuksesan mereka. Nusa Finance menyediakan layanan konsultasi yang memungkinkan bisnis untuk berdiskusi mengenai pembuatan produk keanggotaan NFT yang eksklusif sesuai dengan visi dan tujuan mereka.
Bagi bisnis yang ingin membangun komunitas dan loyalitas pengguna, keanggotaan NFT dapat menjadi solusi yang tepat. Dengan produk keanggotaan NFT yang disediakan oleh Nusa Finance, bisnis dapat memberikan pengalaman yang eksklusif dan interaksi baru dengan anggota mereka, seperti akses ke konten khusus, diskon atau promo tertentu, dan bahkan hadiah eksklusif. Jika Anda ingin merasakan keuntungan dari potensi keanggotaan NFT dan menjadikannya sebagai salah satu strategi bisnis, maka Nusa Finance adalah mitra yang tepat untuk mewujudkannya.