Foto: Venture Beat
Teknologi.id - Adidas Originals telah mengumumkan
peluncuran koleksi token nonfungible (NFT) mereka yang berjudul Into the
Metaverse.
Adidas Originals mulai memasarkan
NFT yang dapat digunakan secara eksklusif dalam video game berbasis blockchain, yakni The Sandbox.
Adidas juga dikabarkan telah
mengakuisisi sebidang lahan virtual di dalam game The Sandbox. Saat ini, lahan
tersebut sedang dikerjakan untuk diisi dengan konten dan pengalaman eksklusif.
Perusahaan penyedia produk
olahraga tersebut turut menggandeng sejumlah penyedia NFT demi mewujudkan
langkah ini. Beberapa di antaranya yaitu Bored Ape Yacht Club, Gmoney dan tim
Punks Comic.
Adidas menyebutnya dengan POAP yang berarti Proof of Attendance Protocol.
Sebuah token digital yang ditawarkan kepada pelanggan tertentu dalam jangka
waktu terbatas.
Produk dibuat sebagai bentuk
apresiasi kepada para pengunduh aplikasi Adidas yang telah terdaftar
sebelumnya.
“Token digital ini layak
dikoleksi. Merupakan cara kami untuk mengakomodasi rasa penasaran Anda akan
kancah baru kepemilikan hak atas orisinalitas dalam lingkup global,”
“Dengan memiliki token ini, Anda
akan berpartisipasi dalam awal mula perjalanan kami di Metaverse,”
“Amankan aset ini karena suatu
saat nanti akan hadir dalam versi yang lebih mudah ditelaah,” tulis Adidas
dalam rilis resmi.
Produk NFT-nya memang sudah muncul, tetapi penjelasan Adidas masih belum jelas apa saja yang akan didapatkan penambang kalau berhasil mendapatkan POAP.
Baca juga: UNICEF Terbitkan NFT di Ethereum, Buat Apa?
Namun, banyak pihak yang menduga
kalau pemilik token akan mendapatkan kesempatan lebih awal dalam mendapatkan
produk-produk spesial.
Termasuk akses eksklusif apabila
Adidas menyelenggarakan suatu event. Baik daring maupun luring.
Adidas mengatakan para peminat
diberi kesempatan untuk menukarkan
lencana status NFT POAP untuk memperingati kehadiran mereka di awal
perjalanan metaverse mereka.
Adapun aset digital milik Adidas
akan diamankan oleh platform bertukar mata uang kripto, Coinbase.
(fpk)