Akun Twitter KKP Diretas Jadi Jualan NFT, ini Pelakunya?

Fabian Pratama Kusumah . April 01, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id - Akun Twitter Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI diretas atau di-hack menjadi berisikan jualan Non-Fungible Token (NFT).

Twitter KKP juga berganti nama menjadi Sneaker Heads KKP. Kendati demikian akun tersebut masih menggunakan @kkpgoid.

"PRESALE SUDAH BERLANGSUNG SEKARANG! 666 PSSSSD tersedia SEKARANG! DAPATKAN SEBELUM SOLD OUT! https://mint-pssssd.xyz Hanya orang yang kita ikuti yang bisa MINT!”

“Kami akan live jam 19:00 untuk debrief | Bergabunglah dengan kami," bunyi salah satu cuitan pada Rabu (30/3) di akun KKP.

Peretasan diduga berkaitan dengan akun @ThePossessedNFT karena sebagian besar cuitan yang di-retweet dan dipromosikan adalah karya NFT akun tersebut.

Gambar-gambar NFT yang diunggah para hacker yakni jenis gambar modifikasi sepatu dan wajah, baik manusia maupun hewan.

Baca juga: Mengenal Skimming, Modus Kejahatan yang Bisa Kuras Uang Nasabah

Memang ada upaya pengambilalihan akun twitter resmi (centang biru/verified KKP) yang terdeteksi oleh tim admin sejak tadi pagi," kata Doni Ismanto, Asisten Khusus Menteri KKP, melalui keterangan resminya, dikutip dari CNN Indonesia.

Untungnya, kini akun KKP sudah kembali normal, hal itu dicuitkan akun KKP pada hari Kamis sekitar jam 8 malam.

“Hai #SahabatBahari, saat ini akun Twitter resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah kembali dikuasai oleh Tim Komunikasi KKP.”

“Terima kasih atas dukungan semua pihak untuk kembalinya akun kami. Terus pantau KKP untuk mengetahui informasi sektor kelautan dan perikanan ya️”, cuitnya.

(fpk)

Share :