NASA Buka Lowongan Kerja di Mars dan Bulan, Berminat?

Dwi Rahmadani . August 12, 2021

Foto: Detik.com

Teknologi.id - NASA tengah mencari seseorang yang mau menetap di Mars selama satu tahun. Pekerjaan ini merupakan misi analog untuk menstimulasikan kehidupan di planet lain. Misi tersebut akan dimulai pada Musim Gugur 2022 mendatang.

Badan Antariksa AS itu membuka aplikasi mulai Jumat (6/8/2021) kemaren untuk empat sukarelawan berbayar. Mereka akan ditempatkan di Mars Dune Aplha, habitat Mars berbasis di Johnson Space Center di Houston, Texas.

Dilansir dari laman News Sky, Rabu (11/8/2021), tempat tersebut dibuat dalam modul 3D seluas 1.700 kaki (157.9352) yang dicetak oleh ICON atau Mars Dune Alpha. Tidak ada jendela dan pelamar akan mengkonsumsi makanan luar angkasa siap saja.

Misi eksplorasi Mars akan dijalankan keempat orang sukarelwan itu termasuk spacewalks, menghadapi komunikasi yang terbatas, makanan dan sumber daya yang terbatas, serta jegagalan peralatan.

 “Kami ingin memahami bagaimana kerja manusia di dalamnya, kami melihat situasi Mars yang realistis” kata ilmuwan, Grace Douglas.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba percobaan ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yakni mulai dari harus warga negara AS berusia 30 hingga 55 tahun, memiliki kesehatan fisik yang sehat dan baik, bukan perokok, dan tidak rentan mabuk perjalanan.

Tak hanya itu, calon pelamar harus memiliki gelar master dalam bidang STEM seperti  sains, teknik, ilmu komputer atau matematika dari lembaga terakreditasi dengan setidaknya dua tahun pengalaman STEM professional atau minimal seribu jam mengemudikan pesawat.

Menurut Chris Hadfield, seorang astronaut Kanada, persyaratan tersebut menunjukkan NASA mencari orang yang dekat dengan astronaut. Dengan begitu membuat pengujian lebih baik jika peserta lebih mirip dengan orang-orang yang akan pergi ke Mars.

Sebelumnya, Rusia juga pernah melakukan pengujian yang sama disebut Mars 500. Namun pengujian dikatakan tidak berakhir dengan baik sebab menurut Hadfield karena sukarelawan terlalu mirip dengan manusia biasa.  

Nah, gimana? Tertarik untuk mendaftar ?

 

(DR)


Share :