
Foto: detikNews
Teknologi.id - Telkomsel dengan resmi meluncurkan Paket Siaga Peduli Sumatera, layanan darurat gratis yang dirancang untuk membantu korban banjir dan longsor dahsyat di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.
Inisiatif ini menggarisbawahi komitmen Telkomsel untuk memastikan komunikasi yang tidak terputus di tengah gangguan seluler dan akses internet yang disebabkan bencana.
Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menegaskan respon cepat perusahaannya, "Telkomsel menyampaikan empati dan keprihatinan mendalam atas musibah yang menimpa saudara kita di Sumatera. Kami berkomitmen hadir di setiap situasi, memastikan layanan komunikasi tetap tersedia dan membantu masyarakat terdampak,"
"Bersama Kemkomdigi, pemerintah daerah, serta berbagai instansi, kami terus berupaya mempercepat pemulihan dan melayani sepenuh hati agar masyarakat dapat kembali bangkit,"
Baca juga: Menara Sinyal di Sumbar & Sumut Kembali Beroperasi, Pemulihan Lebih dari 90%
Cara Mengaktifkan: Paket Siaga Peduli Sumatera

Foto: kelingan.id
Paket Siaga Peduli Sumatera menyediakan layanan gratiis yang hanya dapat digunakan dalam satu kali aktivasi oleh pengguna di daerah yang terdampak.
Eligibilitas: Pengguna SIMPATI, by.u (prabayar), dan Halo (pascabayar)
Cara Aktivasi:
Pengguna dapat mengaktifkan paket dengan mengakses menu UMB di *888*20# di handphone-nya dan memilih salah satu bantuan yang tersedia
Pilihan Paket (Valid selama 7 hari):
Pengguna dapat memilih salah satu dari pilihan berikut:
- Kuota Data: Akses internet sebanyak 3 GB.
- 300 menit telepon dan 1.000 SMS ke semua operator.
Baca juga: Hutan Indonesia Kian Hilang, Bencana Alam Mengintai Tanpa Ampun
Dukungan Tanggap Bencana yang Luas
Di samping paket darurat gratis, Telkomsel dan Telkom Group telah mengerahkan bantuan lanjutan di lapangan:
- Posko Customer Service: Terdapat sekitar 100 Posko Layanan Pelanggan Tanggap Bencana yang tersebar, menawarkan pelayanan seperti: telepon dan SMS gratis sampai proses pemulihan berakhir, penggantian kartu gratis dan perpanjangan masa aktif, serta penyesuaian paket data prabayar dan tagihan pascabayar/ Indihome.
- Infrastruktur dan Logistik: Enam Posko Tanggap Darurat telah didirikan di enam kota besar (Medan, Padang, Aceh, dll) beriringan dengan penyediaan Wi-Fi gratis di delapan titik dan dapur umum, serta mobilisasi logistik menggunakan kapal dan pesawat.
- Kapasitas Jaringan: Kapasitas jaringan telah ditingkatkan, didukung oleh pemasangan 120 satelit komersial dan CSR dari Telkomsel (termasuk Starlink Business Service, dan VSAT Star).
Untuk pertanyaan terkait dengan layanan darurat bencana Sumatra, Call Centre bebas pulsa 24/7 dapat dihubungi di 0800-111-9000.
Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.
(yna/sa)