Instagram Hadirkan Fitur Baru untuk Tambah Lagu Favorit Langsung ke Spotify

Adellia Irmanda Azzahra . October 21, 2024

Tambah Lagu Spotify Instagram
Foto: 9to5Mac


Teknologi.id - Selain menjadi platform untuk berbagi momen dalam bentuk foto dan video, Instagram terus memperluas fungsinya sebagai wadah untuk penggunanya mengekspresikan diri secara kreatif.

Kabar gembira bagi para pecinta musik, kali ini Instagram dan Spotify berkolaborasi dalam menghadirkan fitur terbaru mengenai penambahan lagu. Melalui fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menambahkan lagu-lagu yang mereka temukan di Instagram langsung ke dalam library Spotify mereka.

Dengan fitur terbaru ini, mengumpulkan dan mendengarkan lagu favorit yang kamu temukan dari Instagram bisa menjadi lebih mudah dan cepat, tanpa perlu lagi bolak-balik antaraplikasi.

Tambah Lagu Langsung ke Spotify Lewat Instagram

Kolaborasi pembaruan fitur ini diumumkan oleh Instagram dan Spotify pada hari Kamis (17/10). Pembaruan ini diyakini dapat mempermudah kehidupan penggunanya, sebab mereka dapat menambahkan lagu-lagu favorit ke library Spotify dengan cepat dan mudah hanya dalam beberapa langkah.

Melansir situs 9to5Mac, Spotify memberikan pernyataannya, "Kami tahu bahwa musik ada di sekitar Anda dan terkadang itu berarti langsung pada feed media sosial Anda. Itulah mengapa, mulai hari ini, Spotify dengan gembira meluncurkan kolaborasi baru dengan Instagram yang membuatnya dengan mudah merekam dan menambahkan lagu ke Spotify dari Instagram hanya dengan satu ketukan simpel."

Dengan kata lain, ketika pengguna menemukan sebuah lagu bagus melalui postingan, Story, atau Reels di Instagram, mereka sekarang dapat mengetuk lagu tersebut untuk menambahkannya langsung ke library Spotify tanpa perlu berpindah aplikasi.

Fitur baru ini berbentuk tombol dengan logo Spotify yang muncul tepat di samping pemutar untuk mendengarkan cuplikan lagu di Instagram.

Sebelum dapat menggunakan fitur ini, pengguna harus menghubungkan akun Spotify mereka dengan Instagram terlebih dahulu. Kemudian, secara otomatis lagu yang telah ditambahkan akan dimasukkan ke dalam playlist Liked Song pada tab Your Library.

Baca juga: Spotify Hadirkan Offline Backup, Pengguna Dapat Mendengar Musik Tanpa Internet!

“Di Spotify, kami selalu mencari cara baru untuk menciptakan hubungan yang lebih dalam antara artis dan penggemar,” ujar Spotify.

Dengan adanya kolaborasi fitur ini, pengguna memiliki kesempatan lebih besar untuk menemukan karya-karya dari artis favorit mereka, serta lagu-lagu yang mungkin belum pernah mereka dengar sebelumnya.

Fitur ini tidak hanya memudahkan pengguna untuk mengakses musik, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk lebih terhubung dengan dunia musik lebih dalam lagi.

Fitur ini tersedia untuk pengguna di platform iOS maupun Android, menjadikannya lebih mudah diakses oleh semua pengguna.

Cara Menambahkan Lagu dari Instagram ke Spotify

Simak langkah-langkah untuk menambahkan lagu dari Instagram ke Spotify anti ribet di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memastikan bahwa kamu telah menemukan lagu yang ingin ditambahkan. Pada postingan dan Story, lagu berada di bawah nama pengguna, sedangkan pada Reels, lagu berada di kanan bawah layar.
  2. Mengetuk lagu tersebut hingga masuk ke halaman informasi audio.
  3. Di bawah tombol "Use Audio" berwarna biru, mengetuk tombol "Add" yang berlogo Spotify dan berwarna abu-abu.
  4. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk menautkan akun Spotify kamu dengan Instagram dengan mengetuk tombol "Link Spotify" dan tombol "Agree".
  5. Tombol "Add" sebelumnya akan berubah menjadi "Added". Ini menunjukkan bahwa lagu tersebut telah berhasil ditambahkan ke Liked Song Spotify kamu.

Fitur Serupa yang Telah Hadir Terlebih Dahulu di TikTok

Tahun lalu, TikTok memperkenalkan fitur terbarunya bernama “Add to Music App”, yang sesuai dengan namanya, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menyimpan lagu yang mereka dengar dalam video TikTok ke Apple Music, Spotify, atau Amazon Music.

Saat pengguna menonton video TikTok dengan musik, aplikasi akan menampilkan tombol “Add Music”. Hanya dengan satu ketukan, pengguna dapat menambahkan lagu tersebut ke library aplikasi musik mereka.

Lagu yang ditambahkan akan disimpan di playlist default pada layanan streaming musik yang dipilih. Selain itu, pengguna juga memiliki pilihan lain untuk menambahkan lagu tersebut ke playlist baru, atau ke playlist yang sudah ada dan telah dibuat sebelumnya.

Baca berita dan artikel yang lain di Google News.

(aia)

Share :