Kamu Pernah Ganti Operator Seluler? Mungkin ini Penyebabnya

Fabian Pratama Kusumah . April 19, 2021

Foto: Haris

Teknologi.id – Perusahaan riset jaringan mobile OpenSignal menganalisis sejumlah faktor yang menjadi alasan mengapa pengguna Indonesia mengganti operator seluler yang digunakan.

OpenSignal menemukan bahwa pengguna yang berganti operator seluler rata-rata memiliki pengalaman seluler yang lebih buruk dalam waktu 30 hari sebelum beralih ke operator seluler lainnya.

Hampir semua pengguna yang berpindah operator seluler memiliki pengalaman yang lebih baik di jaringan seluler baru mereka.

Selain pengalaman yang buruk di ketersediaan sinyal secara umum, OpenSignal juga menganalisis pengalaman pengguna 30 hari sebelum mereka beralih.

Baca juga: Ini Wilayah yang Mendapat Jaringan 5G Pertama Kali

Foto: OpenSignal

Dari grafik di atas, intensitas no signal yang dialami para pengguna 3, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL pada 30 hari sebelum mereka beralih mengalami peningkatan sebelum beralih ke operator seluler lainnya.

Kemudian, mereka membandingkannya dengan pengalaman pengguna yang sama dalam periode 30 hari setelah mereka beralih ke operator baru.

Perbandingan pengalaman penggunaan 30 hari terakhir di operator lama dan 30 hari pertama dengan operator baru bisa disimak di grafik berikut

Foto: OpenSignal

Baca juga: Indonesia Belum Resmikan 5G, Jepang Sudah Rancang 6G

Pengguna yang meninggalkan 3, Indosat, Smartfren dan XL rata-rata menghabiskan lebih sedikit waktu tanpa sinyal seluler di jaringan baru mereka.

Sedangkan pengguna yang meninggalkan Telkomsel merasakan peningkatan jaringan 4G di operator seluler baru yang digunakan.

Meski demikian, para pengguna yang beralih dari jaringan Smartfren, terlihat memiliki pengalaman 4G yang lebih buruk di jaringan yang baru.

Hal ini wajar karena Smartfren hanya menyediakan jaringan 4G, tidak menyediakan jaringan 3G atau 2G.

Jika pengguna berada di suatu wilayah yang tidak ada jaringan 4G, maka pengguna Smartfren tidak akan mendapatkan sinyal sama sekali.

Dari berbagai analisis ini, bisa disimpulkan bahwa pengalaman seluler, seperti kestabilan dan ketersediaan jaringan 3G/4G, menjadi alasan untuk memilih suatu operator seluler.

 (fpk)

Share :