Apple Resmi Luncurkan Chipset A17 Pro

Nadhira Adesta Ramadhanti . September 13, 2023


Foto: Apple


Teknologi.id – Seiringan dengan diluncurkannya iPhone generasi ke-15, Apple juga meluncurkan chip A17 Pro yang akan dipasang pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.


Penamaan chip ini tampak mengalami perubahan dari sistem penamaan biasanya. Pada versi-versi sebelumnya, Apple hanya meluncurkan satu macam chip per versi. Namun kali ini, mereka menyemat “Pro” pada nama chip mereka, sehingga disebut-sebut terinspirasi dari seri chip untuk produk komputer Apple seperti MacBook, misalnya ada M2, M2 Pro, dan M2 Max.


Mengutip dari TechCrunch, chip A17 Pro menjanjikan performa lebih dibandingkan A16 yang tak jauh berbeda dari A15. A16 menggunakan teknologi fabrikasi 4 nanometer, sedangkan A17 Pro meningkatkan diri dengan 3 nanometer. Rancangan ini merupakan hasil kerjasama Apple dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Baca Juga: iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Dirilis, Ini Detail Spesifikasinya

A17 Pro terdiri dari 6 inti CPU, dengan 2 performance core (P-core) berkinerja 10% lebih cepat dari versi sebelumnya, dan bagian efficiency core (E-core) yang meningkatkan efisiensi daya perangkat secara signifikan.

Sedangkan untuk bagian pengolahan grafis atau GPU, Apple menerapkan sebuah perombakan rancangan. GPU A17 Pro terdiri dari 6 inti yang menghadirkan performa hingga 20% lebih cepat dan lebih efisien dari versi pendahulunya.

Sribalan Santhanam, VP Silicon Engineering Group Apple menjuluki perombakan ini sebagai, “desain ulang terbesar dalam sejarah GPU Apple.” Terobosan baru GPU ini akan sangat mendukung para gamer dengan teknologi ray tracing, di mana pengguna akan mendapatkan pengalaman grafis yang jauh lebih halus dengan visual jernih saat bermain.

Santhanam menjelaskan, “Ini merupakan GPU pro-class yang kelak akan memperluas berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan iPhone lebih jauh. Kami berfokus pada tiga hal: meningkatkan performa dan efisiensi, menjalankan aplikasi yang kompleks, dan menambahkan fitur rendering baru.”

Foto: Apple


Oleh karenanya, untuk semakin mendukung kerangka kerja MetalFX Upscaling mereka, Apple juga meningkatkan Neural Engine pada chip ini untuk meningkatkan kinerja machine learning dalam perangkat hingga 2 kali lebih cepat.

Bagi yang penasaran ingin menikmati performa chip ini, kalian bisa mengincar iPhone 15 Pro yang dijual mulai dari 999 dollar AS (sekitar Rp15 juta) atau iPhone 15 Pro Max yang dihargai 1.199 dollar AS (Rp18,4 juta). Namun untuk saat ini, belum ada tanggal resmi kapan dua model iPhone tersebut akan dijual di Indonesia.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(nar)





Share :