Film dan Serial TV Mengenai Mesin Waktu

Super Intern . November 09, 2020
Sumber: Geek Beat


Teknologi.id - Kembali ke masa lalu atau pergi menjelajahi masa depan merupakan topik yang menarik untuk dibicarakan. Banyak manusia yang ingin mencoba kembali ke era tertentu agar bisa merasakan seperti apa rasanya hidup di masa tersebut, atau mungkin bertemu dengan tokoh terkenal untuk bisa berbicara dengan mereka secara langsung.

Tetapi ada juga beberapa manusia yang ingin melihat seperti apa kehidupan di masa depan. Dimulai dari sistem pemerintahannya, sampai teknologi-teknologi maju yang akan melampaui teknologi di masa sekarang. Serta melihat seperti apa diri mereka atau keturunan mereka di masa depan.

Hal-hal tersebut membuat kreativitas manusia pun mengalir. Dengan menggabungkan ilmu sains serta imajinasi, banyak film-film yang menceritakan tentang perjalanan waktu. Dan tentunya dibutuhkan mesin untuk bisa melintasi waktu.

Ada banyak mesin waktu di dalam film serta serial TV dengan bentuk dan teknologi yang berbeda-beda. Bahkan cara kerjanya pun tidak sepenuhnya sama. Ini membuat para penonton menjadi berpikir, apa mungkin sisi teknis yang dipaparkan dalam film atau serial TV tersebut dapat benar-benar melintasi waktu?

Nah, daripada penasaran, yuk simak dan cari tahu sendiri dengan menonton beberapa rekomendasi film dan serial mengenai mesin waktu berikut ini.

Film dan Serial TV Mengenai Mesin Waktu

Baca juga : Sudah Download Satu dari 5 Aplikasi Kesehatan Terbaik Ini?

1. The Time Machine

“The Time Machine” adalah film fiksi ilmiah Amerika di tahun 1960 yang diproduksi dan disutradarai oleh George Pal. Film ini didasarkan pada novel tahun 1895 dengan judul yang sama oleh H. G. Wells, novel tersebut sangat berpengaruh pada perkembangan fiksi ilmiah.

Seorang penemu dari Inggris di era Ratu Victoria, membangun sebuah mesin yang memungkinkannya melakukan perjalanan ke masa depan yang jauh. Sampai di sana, dia menemukan bahwa keturunan umat manusia telah terbagi menjadi dua spesies. Eloi, yaitu spesies yang pasif, kekanak-kanakan, dan vegetarian. Serta Morlock, yaitu spesies yang tinggal di bawah tanah dan memakan Eloi.

Direktur seni MGM saat itu, yaitu Bill Ferrari, merancang mesin waktunya. Mesin waktu karya Ferrari ini diakui sebagai property film klasik. Dia menyarankan kereta luncur yang terdiri dari cakram berputar jarum jam besar. Cakram berputar pada berbagai kecepatan untuk menunjukkan pergerakan melalui waktu, membangkitkan baik jam berputar dan cakram surya.

Pesona teknologi yang fantastis, dibalut dengan kedok kuno kuningan, paku keling, art nouveau arabesque, dan mekanisme kristal, mempengaruhi kemunculan genre steampunk di kemudian hari.

Di tahun 2002, muncul film adaptasi dengan judul yang sama. Film ini berlatar di New York City, bukan di London, dan berisi elemen cerita baru yang tidak ada dalam novel asli maupun adaptasi film tahun 1960. Seperti cerita romantis, skenario baru tentang bagaimana peradaban dihancurkan, dan beberapa karakter baru seperti sebuah hologram dengan kecerdasan buatan, serta pemimpin Morlock.

Berikut adalah trailer resmi dari film “The Time Machine” tahun 1960.

Baca juga : Xiaomi Rakit PC Super Mini, Harga Mulai Rp 2,1 Jutaan


(mm)


Share :