Ubah Digital Memberi Konsultasi Digital untuk Mengembangkan Bisnis Semakin Maju

Adnan Algifari . May 22, 2023

Foto: Ubah Digital

Teknologi.id - Perusahaan digital agency menjadi pilar penting dalam membantu perusahaan atau individu lain menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh era digital. Digital agency adalah perusahaan yang secara khusus berfokus pada pengembangan strategi dan implementasi kampanye pemasaran digital untuk membantu bisnis meningkat di dunia online.

Salah satu keuntungan utama bekerja sama dengan digital agency adalah kemampuan untuk merangkul berbagai aspek pemasaran digital. Jasa ini terampil dalam merancang dan mengelola kampanye iklan online, optimisasi mesin pencari (SEO), manajemen media sosial, pembuatan konten digital, dan analisis data. 

Perusahaan digital agency juga memahami pentingnya penargetan dan personalisasi dalam pemasaran digital. Dengan memanfaatkan data dan analisis yang canggih, memudahkannya untuk mengidentifikasi dan memahami audiens target, perilaku online, dan preferensi konsumen. 

Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan digital agency termasuk perubahan yang cepat dalam teknologi dan perilaku konsumen, serta persaingan yang ketat di industri pemasaran digital.

Baca juga: Indonesia Urutan Ke-6 Startup Terbanyak di Dunia, Cek 5 Pekerjaan yang Banyak Dicari

Teknologi.id berkesempatan melakukan wawancara bersama Okky Rahman Oktavian sebagai Founder dari Ubah Digital pada Selasa (16/05/2023) melalui Google Meet.

Ubah Digital sebagai perusahaan yang bekerja di bidang digital agency memberikan jasa sebagai consultant digital untuk memasarkan perusahaan agar lebih terjangkau oleh khalayak yang lebih besar lagi secara online. 

Perusahaan digital agency ini termasuk pekerjaan yang baru di Indonesia, perkembangannya tumbuh seiring era teknologi yang semakin berkembang. Okky menjelaskan mengapa dia berani membuat perusahaan yang bergerak di bidang digital agency, sedangkan di Indonesia pekerjaan ini termasuk sesuatu hal yang baru. 

"Oke kalau latar belakangnya kita create Ubah Digital karena kita memang udah startingnya apalagi di pandemi awal ya kita lihat itu benar-benar strike attraction secara offline itu sudah benar-benar diputus. Nah, di titik itu, kita melihat memang satu-satu satunya way out saat itu yang bisa bikin kita survive hidup sampai sekarang. Coba kalau kita lagi pandemi seperti itu, kira-kira kita akan belanja makan pakai apa gitu? Kebayang gak, kalo enggak ada Gojek di era itu gitu loh.

Nah sebagai sarananya itu, tentunya Gojek itu kan memang judul depannya, ya yang membantu, tetapi pastinya di balik itu semua banyak banget kayak bidang-bidang usaha yang kira-kira 'gue juga mau ikut dong di sirkulasi itu, di era itu gitu loh'. Di situ based on pengalaman kami nih founder-foundernya di sini memang backgroundnya lebih ke digital, di situ kita mulai design untuk create 'Wah nih di sini momentum yang pas nih'," jelasnya.

Perusahaan yang punya jargon 'Saatnya ber-Ubah menjadi digital' ini pernah membuat program PPKM (Program Pengembangan usaha Kecil Menengah) untuk membantu para UMKM agar bisa memasarkan usahanya lewat digital.

Baca juga: Update! Daftar Lengkap PHK Perusahaan Teknologi Sepanjang Bulan Mei 2023

"Itu kita benar-benar free, jadi kita benar-benar consult. Jadi kalau untuk Ubah Digital, kita udah komit, ini kita bisa ngedigest bidang usaha apapun gitu, jadi kayak kita megang bola, kita megang properti, kita megang segala macam. Nah di situ kita pas PPKM, kita benar-benar open, kita bagi-bagi ke tim saya nih 'siapa yang mau menghandle ini?' jadi orang-orang itu dengan case tertentu, kita diskusiin aja. Kita perlu pelajari, pada saat pandemi ini kalau misalnya kita sok-sokan ngasih rate, terus sudah dijamin sukses, itu pasti blunder buat kita.

Jadi kita benar-benar open 'ayo siapa yang mau kolaborasi bareng, ini kita lagi ada ada slot misalnya 30 sampai 50, kita diskusi bareng untuk kemajuan bisnis kalian' gitu. Ternyata responnya bagus banget, yang daftar itu hampir seratusan lebihlah sampai akhirnya saya tutup gitu. Sampai tukang soto di benhil pun kita layani," ucapnya.

Okky menjelaskan bagaimana proses ketika memberi pelayanan kepada klien yang memakai jasa digital agency di Ubah Digital.

"Kalau di Ubah digital itu rumusannya masih sama ya, kita riset dulu, kita brainstorming dulu, itu tetap ada runutannya. Kliennya itu ada, ibaratnya kalau kita mau lari, mau bela diri, mau berenang itu masih pemanasan, kurang lebih kayak gitu. Artinya, jadi secara digitalnya itu kita tetap ada basicnya, basic rulenya yang memang bisa di implemen ke semua bidang itu," jelasnya.

Seperti yang diketahui bahwa ukuran kesuksesan dari sebuah jasa tidak ada tolok ukur yang baku, jadi kesuksesannya diukur secara subjektif. Okky menjelaskan ukuran-ukuran kesuksesan perusahaan Ubah Digital ketika memberi pelayanan jasa digital agency kepada kliennya dilakukakan seobjektif mungkin. 

"Kita memang sudah set up dengan timnya, dengan ownernya, marketingnya, tim financenya, dari situlah goalnya mereka itu ketahuan. Jadi kalau dari kita enggak di titik yang followernya nambah, nggak gitu ya, itu kita benar-benar dapat succes ratenya, salesnya naik sekian persen itu kita langsung dapat feedbacknya langsung dari klien dan itu memang diopen dashboard sama mereka, jadi kita bisa akses langsung nih dashboardnya, traffic ke restorannya berapa. Jadi kita enggak yang lihat langsung dari dashboard-dashboard kita, terus kita udah di set 'wah ini udah sukses gitu'." pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(aa)

Share :