Semenjak pandemi, bisnis telah mengalami banyak perubahan dan adaptasi untuk tetap bisa bertahan. Bisnis juga perlu mengadopsi strategi-strategi baru agar bisa tetap produktif dan penjualan bisa tetap meningkat. Mengimplementasikan teknologi adalah salah satu strategi yang bisa membantu operasional bisnis dari segala sisi.
Perkembangan teknologi digital juga semakin pesat pasca pandemi. Munculnya berbagai jenis teknologi yang dapat diimplementasikan oleh bisnis di segala industri membuat bisnis harus mencari strategi yang tepat agar penggunaan teknologi bisa berfungsi dengan maksimal dan efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan banyak channel media sosial.
Media sosial memiliki peranan penting dalam digitalisasi bisnis. Semakin banyak media sosial yang digunakan oleh suatu bisnis, makin luas juga jangkauan bisnis tersebut ke pelanggannya. Salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh bisnis untuk menjangkau pelanggannya adalah WhatsApp. Bagaimana tidak? Pengguna WhatsApp di Indonesia sendiri menjadi pengguna terbanyak ketiga di dunia dengan jumlah 84,7 juta orang. 80% orang juga menganggap WhatsApp sebagai saluran percakapan terbaik mereka. Tidak hanya untuk berhubungan dengan keluarga dan teman, WhatsApp juga digunakan untuk menjangkau bisnis pilihan pengguna. Menurut statistik WhatsApp, lebih dari 5 miliar bisnis menggunakan WhatsApp untuk terhubung dengan pelanggan mereka. Dengan beragamnya strategi marketing, digital marketing menggunakan WhatsApp merupakan hal yang sangat efektif untuk meningkatkan konversi bisnis. 80% dari bisnis yang menggunakan WhatsApp mengkonfirmasi bahwa WhatsApp membantu bisnis mereka tumbuh. TapTalk.io sebagai perusahaan yang menyediakan All-in-One Chat Solution untuk segala bisnis, ikut menanggapi keefektifan WhatsApp bagi bisnis. TapTalk.io hadir dalam event pameran franchise, license, dan peluang bisnis terbesar di Indonesia, yaitu The 20th IFRA Hybrid Business Expo 2022 yang diadakan pada tanggal 5 - 7 Agustus 2022 di Jakarta Convention Centre (JCC) dan 5 - 31 Agustus 2022 via online.TapTalk.io juga mengajak salah satu partner, yaitu Kata.ai, sebagai salah satu pembicara dalam rangkaian acara Webinar Series. Jessica Jacob, Principal Business Development TapTalk.io dalam event Webinar Series IFRA bertemakan “WhatsApp Marketing: Mesin Pencetak Profit untuk Bisnis Anda”, mengatakan bahwa dengan menggunakan WhatsApp marketing sebagai strategi pemasaran, bisa meningkatkan engagement hingga 80% dan penjualan suatu brand hingga 20%. Ia juga beranggapan bahwa agar WhatsApp Marketing bisa dijalankan secara efektif, diperlukan tools bisnis yang mendukung, seperti Omnichannel dan Chatbot yang bisa meningkatkan efisiensi bisnis dari segala sisi, terutama customer service. Jeffry Aldi Permana, selaku Strategic Partnership Development Manager TapTalk.io dalam event Webinar Series IFRA bersama Kata.ai bertajuk “Boost Your Revenue Generation with Omnichannel & Chatbot”, mengatakan bahwa penggunaan teknologi seperti Omnichannel dan Chatbot dapat meningkatkan revenue generation dengan memangkas biaya operasional suatu bisnis dengan fitur-fitur yang disediakan oleh teknologi tersebut. Seperti contoh dari segi marketing, Omnichannel dan Chatbot dapat membantu bisnis untuk melakukan campaign yang personal ke pelanggan melalui AdvancedBroadcast dan Contact Segment. “Mengimplementasikan teknologi seperti Omnichannel dan Chatbot dapat membantu bisnis mendongkrak profitabilitas, dari mulai menurunkan cost atau bahkan membuka opportunity untuk meningkatkan sales atau revenue”, terang Irzan Raditya, CEO & Co-Founder Kata.ai dalam event Webinar Series IFRA bersama Kata.ai bertajuk “Boost Your Revenue Generation with Omnichannel & Chatbot”