Logo sebagai Identitas
Untuk membuat pembeli lebih mudah mengenal dan menghafal sebuah produk di pasaran, maka penjual harus memberikan identitas pada produk atau barang yang mereka jual. Salah satu cara memberikan identitas pada produk adalah dengan memasang logo. Memasang logo bukan hanya kegiatan menempel gambar pada produk, namun keberadaan logo juga untuk mempercantik kemasan sebuah produk agar mendapat di pasaran. Membuat sebuah logo yang memiliki kesan cukup identik, berbeda dari yang lain, dan menonjol, maka akan membuat calon pembeli lebih mudah mengenalinya. Hal ini membuat sebuah produk tertentu menjadi sesuatu yang umum di masyarakat sebab sudah memiliki ciri khasnya sendiri. Dengan begitu, masyarakat akan lebih mudah menaruh kepercayaan untuk membelinya.
Logo Merepresentasikan Produk
Selain sebagai identitas, logo juga memiliki peran penting dalam merepresentasikan atau menyampaikan isi dan maksud dari produk yang dijual. Contoh sederahana adalah sebuah restoran masakan sunda, mereka akan menggunakan gambar lalapan sebagai komponen utama dalam logonya. Mengapa mereka melakukan hal ini? Sebab mereka perlu memberitahu masyarakat secara tidak langsung bahwa mereka makanan masakan sunda. Umumnya, orang menyebutnya sebuah seni bercerita melalui gambar. Logo sangat mewakili produk atau barang jualan yang ada di baliknya. Oleh sebab itu, penjual perlu memikirkan dengan tepat tentang pembuatan logo pada produk mereka.