Setiap minggu, atau bahkan setiap bulan, selalu ada saja bisnis baru yang muncul dan meramaikan persaingan, apapun bidangnya. Biasanya, mayoritas bisnis baru ini hadir dengan cara pemasaran atau promosi yang berbeda dan ide yang unik dan jarang orang ketahui. Namun, apakah bisnis yang beda dan menonjol hanya ada di dua hal itu saja?
Tentu nggak.
Oleh karenanya, jangan terlalu banyak menaruh perhatian pada hal-hal seperti pemasaran atau konsep awal bisnismu saja. Ada hal-hal lain yang juga butuh perhatian agar bisnismu lebih stand out alias menonjol dan bisa tampil beda di antara. Apa saja?
1. Customer Service yang Konsisten
Apapun yang kamu berikan dan lakukan untuk customer service, selalu lakukan secara konsisten. Entah itu bentuknya loyalty program, memberikan bonus kecil-kecilan, atau sekadar salam saat pelanggan datang ke dan pergi dari tempatmu. Semuanya perlu disampaikan secara konsisten. Jangan setengah-setengah. Kamu perlu benar-benar berkomitmen atas pelayanan yang kamu lakukan kepada setiap customer, entah itu baru atau reguler.
Di samping itu, konsistensi dalam pelayanan membantu customer untuk lebih mudah mengingat kekhasan dari pelayananmu. Nah, kamu jadi bisa mem-branding customer service sesuai brand yang kamu miliki. Jadilah brand yang hangat dan ramah dalam pelayanan, atau bahkan fun dan ceria saat memberikan pelayanan. Kalau kekhasan pelayanan sudah nempel di kepala customer, mereka akan susah untuk lupa dengan brand kamu.
2. Lakukan dengan Cara yang Berbeda
Nggak masalah kalau kamu memiliki bisnis yang konsep atau kulit luarnya tidak jauh berbeda dengan yang kompetitormu punya. Tapi, pastikan kamu menjalankan satu atau beberapa hal lainnya dengan cara yang berbeda.
Banyak dari bisnismu yang bisa kamu buat berbeda. Kamu bisa mencoba membuat produk yang serupa dengan kompetitor namun dengan kualitas lebih baik dengan harga yang lebih murah. Kamu juga bisa coba cara pemasaran yang tidak umum namun bisa tepat sasaran dan mengundang perhatian banyak orang. Kamu juga bisa memberikan pelayanan yang menyenangkan dan hangat ketika kompetitor di sekitarmu terkesan ogah-ogahan dan asal dalam pelayanan.
3. Berikan Dampak Positif
Berbisnis bukan hanya soal menerima keuntungan, tetapi juga soal bagaimana kamu bisa memberikan yang kamu bisa dengan cara kamu. Artinya, kamu bisa berbisnis sembari menciptakan dampak yang positif untuk lingkungan sosial dan alam di sekitarmu.
Secara sosial, kamu bisa mempekerjakan masyarakat lokal untuk membantu dalam bisnismu atau membeli bahan baku dari lingkungan sekitar untuk mendongkrak perekonomian lokal. Secara lingkungan alam, kamu bisa membuat proses kerja di dalam bisnismu menjadi ramah lingkungan atau mengurangi waste yang dihasilkan untuk lingkungan sekitar. Membawa cara-cara tersendiri untuk memberikan dampak ke lingkungan sekitar juga bisa membangun citra bisnismu menjadi lebih positif dan membuat bisnismu lebih dilirik oleh orang-orang.
4. Kecilkan Fokus
Salah satu hal mustahil dalam hidup, dan tentunya dalam bisnis, adalah membuat semua orang menyukai bisnis dan produkmu. Apakah beberapa brand besar disukai semua orang di seisi planet ini? Nggak juga. Sebaik dan sehebat apapun bisnismu, selalu akan ada yang suka dan tidak suka, tertarik, dan tidak tertarik, dengan bisnismu.
Oleh karenanya, ada baiknya ketika kamu membangun bisnis, pastikan untuk mengecilkan fokusmu. Cobalah untuk fokus pada pasar yang memang benar-benar bisa atau potensial untuk dilayani. Kalau kamu mencoba untuk membangun bisnis yang berusaha untuk menggaet massa dalam jumlah besar sementara produkmu hanya disukai segelintir orang, fokuslah pada segelintir orang itu. Kamu hanya akan buang-buang waktu, tenaga, dan sumber daya ketika berusaha untuk membuat orang menyukai dan membeli produkmu. Ada baiknya kamu tuangkan hal-hal itu untuk fokus pada mereka yang bisa kamu layani.
"Menjadi lebih beda, lebih baik dari sedikit lebih baik", kata Pandji Pragiwaksono dalam salah satu eventnya. Perbedaan, meski hanya sedikit saja, akan membua bisnismu terlihat lebih menonjol dibandingkan bisnis lain. Selalu coba berikan perbedaan, dan itu bisa jadi kekuatan yang pasti dalam bisnismu.