Teknologi.id - Setelah resmi mengumumkan kerja sama pada awal minggu ini. Kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia akan menghadirkan sejumlah diskon untuk menyambut kembalinya TikTok Shop pada hari Selasa, 12 Desember 2023. GoTo dan TikTok secara resmi mengumumkan kerja sama di RI untuk membangun sektor e-commerce. Hal ini mengkonfirmasi rumor beberapa saat terakhir yang menyebut TikTok Shop akan kembali hadir di RI dengan menggandeng e-commerce lokal.
Sebagai bentuk kerja sama, TikTok menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar untuk komitmen jangka panjang dalam mendukung operasional Tokopedia. Namun, ditegaskan investasi itu tak akan membuat dilusi lebih lanjut atas kepemilikan GoTo di Tokopedia.
Baca Juga : Resmi Gandeng Tokopedia, Keranjang Kuning TikTok Shop Kembali Beroperasi Hari Ini
Patrick Walujo, selaku Direktur Utama GoTo, mengungkapkan bahwa promosi menjadi salah satu kegiatan yang akan dilakukan dengan menggunakan pendanaan dari TikTok. Promosi ini dilakukan sebagai cara menjaga praktik bisnis e-commerce. Patrick juga memastikan bahwa kerja sama kedua perusahaan ini akan saling menguntungkan banyak pihak, termasuk GoTo Financial yang akan semakin membesar untuk kedepannya dan tidak menutup kemungkinan bahwa orderan untuk kedepannya bisa diantar dengan Gojek.
Selain itu Patrick Walujo juga mengatakan bahwa integrasi TikTok dan GoTo ini masih dalam masa transisi, sehingga masih butuh waktu untuk penyesuaian dan kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal yang dimulai pada kemarin Selasa, 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Dalam kampanye Beli Lokal ini, Tokopedia dan TikTok akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok juga akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit dari para pengguna.
Selain itu, untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok. Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo. Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo berkomitmen memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia.
Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.
(nr)