Menentukan skala prioritas dari sejumlah agenda yang akan dilakukan merupakan salah satu kebutuhan yang wajib di dunia modern seperti saat ini. Seperti misalnya mengirim berkas pekerjaan kepada atasan Anda di kantor, merencanakan liburan musim panas hingga membuat list untuk membeli berbagai barang kebutuhan. Yang jelas terkadang kita seringkali dituntut untuk mengingat setiap hal yang jumlahnya sangat banyak dan setiap hal tersebut harus kita selesaikan. Akan tetapi, saat ini Anda tidak perlu khawatir agenda Anda akan keteteran. Sebab, ada berbagai aplikasi yang bertujuan membantu Anda membuat daftar tugas dan dapat melakukan sinkronisasi dengan aplikasi mitra di komputer, tablet, atau bahkan smartwatch Anda. Berikut adalah tujuh aplikasi to-do list yang patut Anda coba:
Microsoft menyukai aplikasi pengelolaan tugas yang satu ini, sehingga perusahaan teknologi raksasa tersebut membeli perusahaan pembuat aplikasi ini pada bulan Juni 2015. Wunderlist adalah salah satu aplikasi daftar tugas yang paling mudah digunakan untuk pemula. Membuat dan berbagi daftar tugas mudah untuk dilakukan, seperti menyiapkan tenggat waktu untuk menyelesaikannya dan pengingat untuk memastikan Anda tidak lupa. Dengan Wunderlist, berkolaborasi tugas dengan rekan kerja atau anggota keluarga menjadi mudah dilakukan, dan dengan aplikasi smartwatch-nya dapat berguna untuk memeriksa daftar Anda dengan cepat, misalnya saat berbelanja. 2. Google Keep (Android / iOS (Free)) Google Keep bukan hanya untuk daftar tugas yang harus dilakukan. Aplikasi ini adalah layanan bergaya Evernote karena dapat menyimpan catatan, foto dan bahkan rekaman audio yang tidak ingin Anda hapus di perangkat Anda. Selain itu, aplikasi ini adalah alat yang efektif untuk mencatat tugas Anda dan menandainya saat selesai. Seperti halnya Gmail, ada label-label dan warna yang bagus untuk memisahkan bagian kehidupan Anda yang berbeda: misalnya, pekerjaan dan keluarga. Ada juga beberapa fitur peringatan yang bagus seperti kemampuan untuk mengatur pengingat berbasis lokasi. 3. Todoist (Android / iOS / Windows Phone (Free + IAP)) Untuk desain yang sederhana dan jelas, sulit untuk mengalahkan Todoist yang memadukan tampilan dan nuansa yang rapi dengan sejumlah fitur berguna. Mudah mengatur dan mengelola daftar, membagikannya dengan orang lain, dan menetapkan pengingat dan tenggat waktu untuk membantu Anda menyelesaikannya. Nilai jual utamanya adalah fitur kolaborasi dan sharing dengan layanan online lainnya. Aplikasi smartwatch-nya pun berguna. Jika Anda membutuhkan lebih banyak motivasi, ada fitur “Karma” yang menyenangkan yang memberi Anda poin untuk menandai tugas Anda. 4. Any.do (Android / iOS (Free + IAP)) Any.do berbagi banyak fitur dengan pesaing yang diulas di sini, dari mulai menyinkronkan daftar Anda di semua perangkat Anda, berbagi fitur dan kemampuan untuk menetapkan tugas tertentu sebagai “berulang” jika tugas tersebut tidak hanya satu kali. Jika Anda lebih senang berbicara daripada mengetikkan kata, Anda akan sangat terbantu dengan fitur pemasukan suaranya yang memungkinkan Anda membuat daftar tugas dengan berbicara ke smartphone Anda. Jika Anda berjuang dengan manajemen waktu Anda, ada juga fitur yang sangat berguna yang disebut Any.do Moment, yang berfokus hanya pada tugas yang telah Anda tetapkan sebagai kebutuhan untuk dilakukan hari ini. 5. Remember the Milk (Android / iOS (Free + IAP)) Salah satu aplikasi daftar tugas yang telah lama ada, Remember the Milk melakukan dasar-dasar pembuatan tugas dan daftar, menyinkronkan seluruh perangkat dan menetapkan tenggat waktu dan prioritas dengan baik Aplikasi ini bekerja dengan baik dengan layanan seperti Google Calendar dan Evernote. Remember the Milk mampu membuat daftar tugas dan berbagi dengan teman atau kolega menjadi mudah. Namun, pengguna diharuskan meng-upgrade apl