Foto: Unsplash

Teknologi.id – Media sosial berbagi foto dan gambar, Pinterest baru saja mengumumkan fitur terbaru mereka yakni monetisasi. Fitur ini memungkinan penggunanya mendapat penghasilan dari aplikasi tersebut.

Pihak Pinterest menjelaskan, bahwa konten kreator dapat menandai produk mereka dengan Idea Pin yang memungkinkan konten mereka dapat dibeli.

Pengguna Pinterest juga dapat memperoleh komisi melalui tautan afiliasi dan bermitra dengan merek di konten bersponsor, seperti di platform sosial lainnya Instagram, YouTube, dan TikTok.

Melansir dari TechCrunch, Idea Pin ini mirip dengan yang ada di TikTok. Idea Pin ini menawarkan cara untuk pembuat konten yang menghasilkan konten dengan menggabungkan musik, video, dan elemen interaktif lainnya.

Baca juga: Cara Download Video di Pinterest Tanpa Aplikasi

Video dalam Idea Pin bisa berdurasi hingga 60 detik per halaman, dengan total hingga 20 halaman per pin. Kreator juga bisa menambahkan fitur lain ke pin mereka, seperti stiker atau musik, dan menandai kreator lain.

Sebelum adanya fitur ini, konten kreator di Pinterest dapat menghasilkan uang. Tetapi, hal tersebut dilakukan dengan proses manual. Kreator konten harus menyantumkan konten mereka ke blog dengan harapan pengunjung akan menghasilkan pendapatan Adsense.

Mereka harus menjangkau merek dan perusahaan untuk mendapatkan sponsor. Ini sama dengan platform lain seperti YouTube. Di YouTube, ada fitur monetisasi yang dibangun di dalamnya dan yang perlu dilakukan pengguna adalah memposting video.

Sejatinya fitur monetisasi Pinterest ini sebetulnya sudah lumayan ketinggalan dari media sosial lainnya, seperti Instagram khususnya yang telah memasuki wilayah Pinterest. Ini membuat banyak pengguna saat ini mulai mencari inspirasi belanja mereka di Instagram terlebih dahulu.

(MIM)

Share :