Foto: Unsplash
Teknologi.id – Media sosial berbagi foto
dan gambar, Pinterest baru saja mengumumkan fitur terbaru mereka yakni
monetisasi. Fitur ini memungkinan penggunanya mendapat penghasilan dari
aplikasi tersebut.
Pihak Pinterest menjelaskan, bahwa konten
kreator dapat menandai produk mereka dengan Idea Pin yang memungkinkan konten mereka
dapat dibeli.
Pengguna Pinterest juga dapat
memperoleh komisi melalui tautan afiliasi dan bermitra dengan merek di konten
bersponsor, seperti di platform sosial lainnya Instagram, YouTube, dan TikTok.
Melansir dari TechCrunch, Idea Pin ini mirip dengan yang ada di TikTok. Idea Pin ini menawarkan cara untuk pembuat konten yang menghasilkan konten dengan menggabungkan musik, video, dan elemen interaktif lainnya.
Baca juga: Cara Download Video di Pinterest Tanpa Aplikasi
Video dalam Idea Pin bisa berdurasi
hingga 60 detik per halaman, dengan total hingga 20 halaman per pin. Kreator
juga bisa menambahkan fitur lain ke pin mereka, seperti stiker atau musik, dan
menandai kreator lain.
Sebelum adanya fitur ini, konten
kreator di Pinterest dapat menghasilkan uang. Tetapi, hal tersebut dilakukan
dengan proses manual. Kreator konten harus menyantumkan konten mereka ke blog
dengan harapan pengunjung akan menghasilkan pendapatan Adsense.
Mereka harus menjangkau merek dan
perusahaan untuk mendapatkan sponsor. Ini sama dengan platform lain seperti YouTube.
Di YouTube, ada fitur monetisasi yang dibangun di dalamnya dan yang perlu
dilakukan pengguna adalah memposting video.
Sejatinya fitur monetisasi Pinterest ini sebetulnya sudah lumayan ketinggalan dari media sosial lainnya, seperti Instagram khususnya yang telah memasuki wilayah Pinterest. Ini membuat banyak pengguna saat ini mulai mencari inspirasi belanja mereka di Instagram terlebih dahulu.
(MIM)