Kewalahan dalam Hubungan Manajemen Pelanggan? Coba Fitur Zoho CRM!

Teknologi.id . August 07, 2022

Sumber: Zoho

Teknologi.id - Dalam mengelola hubungan dengan dengan pelanggan, ada kalanya Anda perlu sebuah alat yang memudahkan dalam mengelola data pelanggan dan mengamati keinginan pelanggan, serta umpan balik dari pelanggan terhadap produk Anda. Mungkin saja, mereka memberitahukan kepada teman-teman mereka melalui media sosial dan platform lainnya atau bisa juga mereka membicarakan sesuatu hal yang dapat menjadi nilai potensial bagi produk Anda nanti.

Berkaca dari hal tersebut, bayangkan jika Anda mengelola hubungan ini secara manual. Data demi data Anda catat. Setiap pesan yang masuk ke kotak pesan email, Anda balas satu per satu. Terasa melelahkan jika Anda tidak melakukan pengelolaan ini dengan sebuah software bisnis. Dalam hal inilah, Zoho memberikan sebuah kemudahan dengan mengeluarkan fitur Zoho CRM. Zoho CRM merupakan sebuah platform untuk membantu penggunanya mengelola Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan). Ini menjadi salah satu sektor penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan bisnis.

Penggunaan CRM sendiri memiliki beberapa manfaat bagi kelangsungan bisnis Anda di masa depan, misalnya untuk peningkatan otomatisasi, informasi yang dikelola dalam satu wadah, strategi operasional yang jelas, penghematan biaya, waktu lebih yang dapat digunakan untuk pekerjaan lain, kolaborasi tim yang mudah, dan interaksi pelanggan yang terpantau. Semua hal tersebut bisa Anda dapatkan di Zoho CRM.

Hal keren lain di Zoho CRM adalah antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah, kontrak yang fleksibel dengan harga yang transparan, program penerapan, konsultasi, orientasi, dan pelatihan untuk membantu Anda, panduan migrasi untuk kemudahan impor data, platform pengembang yang dapat diperluas, dan dapat menjual di mana saja dengan aplikasi CRM yang telah memenangkan penghargaan untuk iOS dan Android.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai platform Zoho CRM ini, kami akan jabarkan lebih lanjut di sini.

Zoho CRM

Sumber: Zoho


Dalam perkembangan bisnis, CRM menjadi salah satu hal fundamental yang perlu diperhatikan. Mungkin beberapa perusahaan masih menyepelekan hal ini dengan berbagai alasan. Padahal, CRM dapat menjadi sebuah jalan penghubung dengan pelanggan agar mereka loyal terhadap produk Anda. CRM sendiri memang dibutuhkan untuk membantu bisnis Anda dengan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan baru dengan lebih cepat.

Tidak hanya itu, CRM juga berguna untuk mengetahui bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan agar Anda memberikan pelayanan optimal dan mempertahankan hubungan yang sudah ada. Dalam pelaksanaanya, Anda perlu sebuah alat untuk menjalankan itu semua. Mungkin saja Anda bisa menggunakan alat lain untuk mengelola data pelanggan. Namun, berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk itu? Padahal, Anda perlu mengerjakan hal lain juga, bukan? Mengapa tidak menggunakan sebuah alat yang dapat membantu pengelolaan pelanggan, mulai dari pengelolaan data, transaksi, keinginan pelanggan, dan hal lainnya.

Sebagai pemimpin pasar selama lebih dari satu dekade, Zoho CRM telah dikenal luas sebagai software CRM untuk penjualan, pemasaran, dan dukungan dalam satu sistem. Zoho CRM membantu bisnis segala ukuran membangun hubungan pelanggan yang sangat baik, dengan fitur seperti asisten penjualan dengan kecerdasan buatan (AI) yang terintegrasi, manajemen saluran penjualan, otomatisasi pemasaran, analitik, dan banyak lagi.

Baca juga: Customer Relationship Management, Seberapa Pentingnya bagi Perusahaan?

Fitur Zoho CRM

Ada beberapa keunggulan dari Zoho CRM yang dapat berguna bagi pengembangan bisnis Anda.

1. Keterhubungan dengan Pelanggan

Salah satu kelebihan Zoho CRM adalah dapat terhubung dengan pelanggan di mana pun mereka berada. Anda dapat menjangkau pelanggan di setiap saluran, dari telepon, email, panggilan masuk, hingga media sosial. Anda juga akan mendapatkan notifikasi real-time dari pelanggan ketika mereka berinteraksi dengan bisnis Anda.

Zoho CRM juga mendukung pengintegrasian email pelanggan, dari kotak masuk ke Zoho CRM. Hubungkan email marketing Anda dan kirimkan email lewat Zoho CRM, dengan riwayat lengkap korespondensi Anda dengan setiap kontak dalam detail data mereka. Dapatkan laporan terperinci untuk email dan template email mengenai rasio pentalan, rasio klik, dan bahkan dapatkan notifikasi saat setiap kali prospek membuka email.

Selain itu, Anda juga bisa mengintegrasikan panggilan ke Zoho CRM. Integrasi Phonebridge dapat menghubungkan Zoho CRM dengan 50 lebih mitra telefoni agar Anda dapat melakukan panggilan, mencatat panggilan, dan melihat informasi pelanggan di tempat yang sama. Perbarui hasil panggilan telepon dan lacak status panggilan telepon Anda. Sebagai contoh, ketika pelanggan tidak merespons panggilan, Anda dapat mengklasifikasi daftar pelanggan tersebut agar dapat dikenali dan dievaluasi. Di sisi lain, jika ada pelanggan yang melakukan panggilan, Anda juga bisa mendapatkan notifikasinya.

Lebih hebatnya lagi, Zoho membantu Anda dalam mengkonversi calon pelanggan. Anda dapat menghubungkan media sosial Anda ke dalam akun Zoho CRM. Dalam hal ini, Anda dapat memantau kegiatan dari pelanggan dan melihat data media sosial mereka agar dapat diklasifikasikan menjadi orang baru, prospek, atau target market. Tidak hanya itu, ketika mereka membuka website, Anda bisa mengkonversinya menjadi penjualan bagi bisnis Anda. Ini menjadi sebuah langkah tepat dalam menggaet lebih banyak pelanggan baru untuk bisnis Anda.

2. Otomatisasi Penjualan

Ketika Anda menggunakan software Zoho CRM, kegiatan harian penjualan yang pada awalnya masih menggunakan metode manual dapat Anda otomatisasi. Dari mengirim email ke pelanggan, menindaklanjuti prospek, hingga memperbarui bidang. Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan setiap hari. Zoho CRM memberikan peluang bagi Anda untuk memberikan tindakan otomatis pada penjualan yang dapat mempercepat alur kerja di bisnis Anda.

Mungkin Anda akan merasakan kesulitan dalam melakukan proses penjualan, seperti pengiriman email, menjadwalkan tugas, dan hal lainnya. Zoho CRM memberikan kemudahan karena dilengkapi dengan tindakan siap-pakai yang dapat Anda gunakan kapanpun, seperti mengirim email, menjadwalkan tugas, dan memperbaharui bidang sehingga Anda dapat mengotomatisasi berbagai rutinitas penjualan.

Zoho juga memberikan arah kerja yang terbaik bagi bisnis Anda. Selain pengembangan dari sistem alur kerja penjualan, Zoho CRM juga memberikan laporan dari rekam jejak pelanggan yang masuk ke dalam database Zoho CRM. Tim Anda dapat menggunakan data ini untuk memperbaiki masalah mendasar dan mencoba ulang alur kerja, atau menangani data secara individual dan menambahkannya ke daftar pengecualian sebelum menjalankan alur kerja lagi.

3. Asisten Penjualan Anda

Zia merupakan asisten penjualan berbasis percakapan. Zia telah menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) pendamping di dalam Zoho CRM yang akan membantu Anda dalam mengelola CRM dengan cerdas. Zia dapat melakukan banyak hal layaknya asisten Google membantu Anda dalam mencari informasi yang akurat untuk Anda.

Jika Anda malas mengetik atau dalam keadaan genting yang menyebabkan Anda harus mencari informasi cepat, Zia dapat digunakan dengan mudah. Panggil saja Zia untuk mengajukan pertanyaan dan dia akan membacakan jawaban atau menampilkannya. Zia juga dapat merekam suara Anda dan juga dapat memperbaharui data Anda.

Dalam pelaksanaanya, Zia dapat memberikan Anda data terkait penjualan dari pelanggan. Database yang telah tercantum dapat diklasifikasikan oleh Zia dalam beberapa kategori, seperti pelanggan potensial, pelanggan loyal, dan lainnya. Jika Anda sulit menemukan sebuah anomali dari pergerakan arah penjualan bisnis Anda, Zia dapat mengatasinya. Zia pun dapat memantu pengelolaan email dan juga dapat mengawasi kompetitor. Sebuah terobosan yang memudahkan bisnis kita.

4. Integrasi dengan Aplikasi Eksternal

Anda bisa mengefisiensikan waktu yang dihabiskan untuk mengelola software CRM sehingga Anda lebih punya banyak waktu untuk mengelola bisnis Anda. Zoho CRM didesain untuk terintegrasi dengan aplikasi dan layanan lain yang Anda gunakan setiap hari.

Anda tidak perlu khawatir dengan kemudahan ini karena hampir semua elemen dari jenis fungsi aplikasi, seperti Office, keuangan, dokumen, pengelolaan rapat, dan media sosial dapat Anda integrasikan dengan Zoho CRM. Aplikasi sekelas Gsuites, Office, Slack, Facebook (Meta), Dropbox, Google Drive, dan aplikasi lainnya dapat Anda koneksikan dengan software bisnis ini.

Bagaimana Pendapat Mereka?

Sumber: Zoho

Mungkin saja Anda masih kurang percaya dengan kelebihan yang diberikan oleh Zoho CRM dalam mengelola bisnis Anda menjadi lebih mudah dan lebih efisien. Inilah beberapa pendapat dari para pengguna Zoho CRM yang sudah merasakan dampak positif yang signifikan dari bisnis mereka.

"Dengan Zoho CRM, kami mengalami peningkatan di pipeline penjualan sebesar 65%. Kami juga berhasil mengurangi waktu konversi prospek sebesar 60%, yang tentunya sangat besar. Saya pasti menyarankan Zoho CRM kepada perusahaan yang mengalami kerumitan dengan penjualan dan pemasaran serta menyaksikan pertumbuhan yang cepat." - K.C Watson CEO Founder, Sherpa Digital Media.
"Sejak beralih ke Zoho CRM, JusCollege telah secara efektif mengelola banyak sekali kontrak yang datang dari pipeline penjualan dan telah meningkatkan penjualannya dari $1 juta menjadi $20 juta hanya dalam dua tahun. Kami dapat mencapai semua ini berkat Zoho – terkelola dengan baik, visibilitas lebih tinggi, menemukan titik masalah, dan restrukturisasi bisnis." Allan Teruel - Co-Founder/CTO - JusCollege

Acara Bincang Bisnis oleh Zoho

Zoho akan mengadakan acara bincang bisnis yang bertema "Creating Revolutionary, Digitally Connected Customer Experience". Acara ini akan mengulas tuntas mengenai era baru dalam customer experience dan teknologi dalam customer experience.

Yuk, mari hadiri acaranya melalui link dibawah ini.

Daftar Sekarang Juga! Daftar di sini

Share :