Instagram Hadirkan Kontrol Orangtua untuk Akun Anak-anak

Muhammad Iqbal Mawardi . March 21, 2022

Foto: Meta

Teknologi.id – Kontrol orangtua baru Instagram, diumumkan pada bulan Desember, diluncurkan hari ini di AS. 

Kepala layanan, Adam Mosseri, menyebut mereka sebagai "perangkat pertama" perusahaan pengawasan orang tua, yang memungkinkan orang tua dan wali untuk melihat dan menetapkan batas jumlah waktu yang dihabiskan anak remaja mereka di Instagram, mendapatkan pembaruan di akun mana mereka sedang mengikuti dan diikuti oleh, dan menerima pemberitahuan ketika mereka melaporkan pengguna lain.

Kontrol diperkenalkan setelah jejaring sosial milik Meta mendapat kecaman karena dampaknya pada pengguna yang lebih muda. 

Penelitian internal yang bocor dari perusahaan menunjukkan bahwa penggunaan Instagram memiliki efek merugikan pada kesehatan mental penggunanya yang lebih muda, terutama gadis remaja. 

Tak lama setelah penelitian dipublikasikan, perusahaan mengumumkan menghentikan sementara pekerjaan pada versi Instagram yang ditujukan untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun. 

Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain

Itu juga meluncurkan fitur yang mendorong pengguna untuk berhenti dari aplikasi setelah periode waktu yang ditentukan. .

Untuk saat ini, Instagram mengatakan remaja sendiri perlu memulai fitur pengawasan dari aplikasinya di perangkat seluler, tetapi pada bulan Juni, Instagram meluncurkan kemampuan bagi orang tua dan wali untuk memulai proses walaupun remaja masih perlu memberikan izin. 

Fitur tambahan, seperti dapat mengatur waktu tertentu ketika seorang remaja dapat menggunakan Instagram, juga sedang dikembangkan.

Alat Instagram adalah bagian dari dorongan yang lebih luas dari Meta untuk menawarkan lebih banyak dukungan kepada orang tua dan wali yang khawatir tentang penggunaan produk-produknya oleh anak remaja mereka. 

Hari ini, ia juga meluncurkan Pusat Keluarga baru, yang menurut perusahaan pada akhirnya akan menawarkan toko serba ada untuk mengakses alat pengawasan di semua produk Meta. 

Ini memiliki pusat pendidikan, yang menawarkan artikel saran, tutorial video, dan tips tentang cara berbicara dengan remaja tentang media sosial.

Selain Instagram, Meta juga meluncurkan kontrol orang tua baru untuk headset Quest VR-nya. Mulai bulan depan, wali akan dapat mengunci aplikasi tertentu untuk mencegah remaja mengakses konten yang tidak sesuai usia. 

Kemudian, pada bulan Mei, anak-anak berusia antara 13 dan 17 tahun akan diblokir dari mengunduh aplikasi yang tidak sesuai usia dari Quest Store, meskipun orang tua dan wali akan dapat menggantinya berdasarkan aplikasi demi aplikasi.

Dasbor Orang Tua di aplikasi seluler Oculus juga akan menawarkan fitur pengawasan VR tambahan seperti kemampuan untuk secara proaktif memblokir aplikasi seperti browser web, melihat semua aplikasi yang dimiliki oleh anak remaja mereka, menerima pemberitahuan pembelian, melihat dan mengelola waktu layar, dan melihat milik anak remaja mereka. 

Meskipun alat pengawasan Instagram diluncurkan di AS hari ini, Mosseri mengatakan alat itu akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.

(MIM)

Share :