Cara Translate (Terjemahkan) Huruf Latin ke Aksara jawa dengan Mudah dan Akurat

Dendy way . November 04, 2023

Suku Jawa adalah salah satu Suku terbesar di Indonesia. Mayoritas Suku Jawa bertempat tinggal di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan juga Jawa Timur.


Sama seperti Suku-suku yang ada di Indonesia, Suku Jawa memiliki banyak sekali budaya, salah satunya seperti Aksara Jawa.


Seperti yang diketahui, Aksara Jawa adalah salah satu aksara Tradisional Indonesia yang berkembang di Pulau Jawa.


Jauh sebelum menggunakan huruf latin, masyarakat Jawa yang pada zaman dahulu menulis menggunakan Aksara Jawa untuk menulis Bahasa Jawa.


Dalam perkembangannya, Aksara Jawa juga bisa digunakan untuk menulis bahasa daerah lain seperti Bahasa Sunda, Bahasa Madura, Bahasa Sasak dan juga Bahasa Melayu.


Selain itu, sistem penulisan yang juga dikenal dengan sebutan Hanacaraka ini juga bisa digunakan untuk menulis bahasa historis seperti Sanskerta dan Kawi.


Aksara Jawa aktif digunakan dalam sastra maupun tulisan sehari-hari masyarakat Jawa sejak pertengahan abad ke-15 hingga pertengahan abad ke-20.


Seperti yang diketahui, Saat ini sebagian besar Masyarakat Indonesia termasuk Suku Jawa menulis menggunakan huruf latin.


Jadi, Suku Jawa zaman sekarang sudah jarang banget menggunakan aksara Jawa dalam kehidupan sehari-hari.


Oleh karena itu saat ini aksara hanacaraka ini sulit untuk ditemui kecuali di kitab, lontar atau potongan naskah kuno dan papan nama jalan di Kota Yogyakarta.


Sebagai Generasi penerus Suku Jawa yang baik, kita harus terus melestarikan Aksara Jawa. Oleh karena itu, aksara Jawa masuk sebagai materi dalam muatan lokal Bahasa Daerah di Sekolah, khususnya yang berada di Provinsi Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.


Seiring berkembangnya teknologi, Belajar Aksara Jawa tidak hanya bisa dilakukan di Sekolah saja. Kita juga bisa mempelajarinya di Internet dengan menggunakan layanan Aplikasi Translate Aksara Jawa.


Aplikasi Translate Aksara Jawa


Di Internet ada banyak sekali website dan juga aplikasi yang bisa membantu kita untuk belajar berbagai pengetahuan, termasuk mempelajari Aksara Jawa yang harus dilakukan oleh Generasi penerus Suku Jawa.


Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi translate Aksara Jawa yang bisa digunakan secara gratis.


Selain dalam bentuk aplikasi, terdapat juga Translator aksara Jawa yang berbasis website dan bisa dikunjungi menggunakan browser seperti Google Translate.


Jika ingin lebih ringkas tanpa perlu install aplikasi khusus serta hasil penerjemahannya yang akurat dan tidak diragukan lagi, anda bisa menggunakan Penerjemah Aksara Jawa dari SurgaTekno.


Aplikasi Translate Aksara Jawa dari SurgaTekno bisa digunakan untuk menerjemahkan kalimat yang ditulis dalam huruf latin menjadi aksara Jawa, begitu juga sebaliknya.


Fitur-Fitur


Sebelum membahas cara menggunakan Translator Aksara Jawa by SurgaTekno, alangkah baiknya jika kita bahas terlebih dahulu apa saja fitur yang tersedia di penerjemah Aksara Jawa berbasis Website ini:


1. Menggunakan database kata taling dan pepet


Salah satu fitur unggulan dari Penerjemah Aksara Sunda dari SurgaTekno adalah menggunakan database kata taling dan pepet.


Bagusnya lagi, Translator Aksara Jawa ini sudah mengakomodir pendeteksian kata yang menggunakan taling atau pepet secara otomatis.


Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkan apakah kata yang di ketikkan menggunakan pepet atau taling lagi.


SurgaTekno juga sudah menyediakan halaman khusus berisikan database taling dan pepet yang bisa membantu anda untuk mempelajarinya.


2. Menerjemahkan Latin ke Aksara Jawa dan Sebaliknya


Translator Aksara Jawa dari SurgaTekno ini tidak hanya bisa menerjemahkan latin ke Aksara Jawa saja, Tapi juga bisa men-translate Aksara Jawa ke latin sama baiknya dengan mudah dan cepat.


Untuk mengganti mode penerjemah, Anda hanya perlu mengklik tombol tukar yang berada di tengah, mudah sekali bukan?


3 Dibekali dengan Penghitung Kata


Seberapa banyak kata yang Anda ketikkan? Anda tidak perlu menghitungnya secara manual, sebab sudah terdapat fitur Penghitung kata otomatis yang menginformasikan tentang jumlah kata yang di ketikkan.


4. Dibekali dengan Keyboard Aksara Jawa


Seperti yang diketahui, PC dan Smartphone belum dibekali dengan keyboard khusus yang memungkinkan kita untuk menuliskan aksara Jawa.


Para pengguna Translator Aksara Jawa dari SurgaTekno tidak perlu lagi install aplikasi keyboard khusus lagi, sebab sudah terdapat keyboard khusus yang bisa memudahkan Anda untuk menuliskan Aksara Jawa.


Jadi Anda bisa menerjemahkan Aksara Jawa ke latin dengan mudah dan cepat tanpa perlu menginstal aplikasi tertentu lagi.


5. Terdapat Tombol Copy


Setelah hasil terjemahan terlihat, anda bisa menyalinnya dengan mudah berkat adanya tombol Copy. Jadi anda tidak perlu lagi menyeleksi teks lalu menyalin secara manual.


6. Desain Responsif


Translator Aksara Jawa dari SurgaTekno memiliki desain yang Responsif. Jadi, anda bisa menggunakan Kamus Aksara Jawa online menggunakan PC dan Smartphone sama baiknya.


7. Mudah Digunakan


Sudah dibekali dengan tombol tukar, pepet dan taling otomatis serta keyboard aksara Jawa tentu membuat penggunaan Translator Aksara Jawa dari SurgaTekno jadi sangat mudah untuk digunakan.


8. Gratis


Penerjemah Aksara Jawa dari SurgaTekno bisa digunakan secara gratis tanpa batasan fitur atau penggunaan, aplikasi ini kami buat untuk melestarikan budaya Jawa agar dikenal oleh anak mudah zaman sekarang.


Berhubung Aplikasi Penerjemah Aksara Jawa dari SurgaTekno ini tetap dikembangkan, tidak menutup kemungkinan akan ada banyak fitur baru dimasa yang akan datang.


Cara Terjemahkan Latin ke Aksara Jawa


Bagaimana cara menerjemahkan kata yang ditulis dengan huruf latin ke Aksara Jawa? Mudah sekali, tutorial lengkapnya bisa Anda simak dibawah ini:


1. Silahkan kunjungi aplikasi penerjemah Aksara Jawa dari SurgaTekno dengan aplikasi browser.


2. Klik Pilih Aksara kemudian silahkan atur menjadi Latin ke Jawa.


3. Silahkan ketikkan kalimat latin yang ingin diterjemahkan menjadi Aksara Jawa.


4. Hasil terjemahan nya bisa kamu lihat dibawah.


5. Silakan klik tombol Copy untuk menyalin hasil terjemahannya.


6. Selesai


Tambahan: Jika hasil terjemahan aksara Jawa terlihat kotak-kotak, Anda harus menginstal font nykNgayogyanNew di Komputer atau laptop yang anda gunakan.


Akhir kata


Selesai sudah pembahasan mengenai translate Latin ke Aksara Jawa dengan mudah yang dijelaskan dengan lengkap dalam artikel ini. Terimakasih sudah membaca, semoga bisa bermanfaat.


Share :

Dendy way

Dendy