Viral di Twitter: Hotman Paris Jadi Trending Topic, Bela Pegawai Alfamart

Lusita Amelia . August 15, 2022

Pegawai Alfamart meminta maaf karena telah menuding orang tersebut mencuri dan merekamnya secara diam-diam. Foto: tangkapan layar pribadi/@zoelfick edited by Teknologi.id 

Teknologi.id - Kejadian pencurian di supermarket atau minimarket seringkali terjadi dan sudah menjadi hal yang umum. Di zaman yang serba canggih ini, setiap pertokoan dilengkapi oleh kamera CCTV yang tujuannya untuk memantau kegiatan dalam toko. Salah satu manfaatnya adalah untuk menghindari adanya kejadian pencurian oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namun, dengan adanya CCTV, tidak menutup kemungkinan seseorang untuk melakukan tindak pencurian. Seperti hal-nya juga yang dialami oleh seorang pegawai minimarket Alfamart hingga membuat Hotman Paris turun tangan. 

Seorang pegawai Alfamart merekam seorang pencuri makanan cokelat dari gerai minimarket. Gerak-gerik mencurigakan dari orang yang mengemudikan mobil mercy tersebut membuat pegawai Alfamart curiga dan mengambil rekaman secara diam-diam. Kendati demikian, pegawai yang niat awalnya adalah untuk merekam bukti pencurian, justru dikecam balik oleh sang pencuri. Kecaman dan tudingan yang dilayangkan oleh pencuri tersebut karena sang pegawai dianggap melakukan pelanggaran UU ITE karena merekam dengan diam-diam tanpa seizin dari orang yang bersangkutan. 

Kejadian ini ramai di sosial media Twitter sehingga menjadi trending topic di Twitter dengan topic 'Alfamart.' Kejadian ini ditanggapi juga oleh pemilik akun bercentang biru, Zulfikar Akbar/@zoelfick. Dalam cuitan Twitter pribadinya, Zulfikar mengatakan bahwa tindakan sang pencuri sungguh tidak etis karena tidak mengakui perbuatannya dan justru membawa kejadian ini ke meja hijau. 

Dalam video yang diunggah oleh Zulfikar tersebut, memperlihatkan bagaimana pegawai perempuan tersebut meminta maaf karena telah menuding orang tersebut mencuri dan merekamnya secara diam-diam. Video dan cuitan tersebut menuai kecaman dan protes dari para netizen Twitter. Pencuri yang menggunakan mobil mewah tersebut tidak merasa bersalah hingga membuat video yang beredar di dunia maya.

Pihak Alfamart tidak hanya tinggal diam saja dengan kejadian ini dan membuat klarifikasi dalam akun resmi Twitter perusahaan tersebut. Dalam tanggapan pihak Alfamart tersebut, mereka menyatakan bahwa akan melakukan investigasi secara lebih lanjut. Banyak pengguna Twitter yang menyayangkan kejadian tersebut karena dirasa tidak ada tindak lanjut dari pihak Alfamart. Netizen menganggap pihak Alfamart tidak membela tugas dan kewajiban karyawan Alfamart hingga mengalami kejadian yang tidak mengenakan. 

Kejadian ini juga menarik perhatian Hotman Paris, seorang pengacara terkenal, yang membela hak dari pegawai Alfamart tersebut. Dilansir dari akun Twitter Zulfikar kembali, ia mengunggah berita terkini mengenai tanggapan dari Hotman Paris. 

Dalam video tersebut, Hotman Paris menyatakan sikap untuk membantu karyawan Alfamart tersebut tanpa dipungut biaya. Gerakan dan kesigapan Hotman ini ditanggapi dengan beragam oleh para pengguna Twitter. Zulfikar sendiri pun mengatakan bahwa dirinya sendiri berkoordinasi dengan sang karyawan yang juga sudah berkomunikasi dengan Pak Hotman Paris secara langsung. 

Cuitan dan permasalahan yang umum dibicarakan oleh masyarakat adalah bagaimana manajemen atau pengaturan pihak perusahaan Alfamart yang menyayangkan kejadian ini hingga terjadi. Mereka menganggap bahwa seharusnya pihak perusahaan dapat bertanggung jawab dan melindungi hak karyawan. Mereka juga beranggapan bahwa sang pencuri tidak menghargai perasaan psikologis sang karyawan sehingga ditakutkan akan meninggalkan bekas pengalaman yang tidak baik. 

Baca juga: Qlue Bersama Central Group Garap Kawasan Kota Pintar Pertama di Batam

Walaupun banyak masyarakat yang memihak pada hak dari pegawai tersebut, tidak sedikit juga yang menganggap hal ini sebagai masalah yang sepele. Mereka menganggap bahwa masalah ini tidak perlu diviralkan sedemikian rupa sehingga tidak perlu sampai dibawa ke jalur hukum. Masalah yang seharusnya dapat diselesaikan secara kekeluargaan, justru dijadikan sebagai ajang mencari viral dan permasalahan yang rumit. 

Di antara berbagai macam komentar mengenai kejadian pencurian ini, satu hal yang perlu diapresiasi dan diamati adalah mengenai bagaimana masyarakat sudah lebih memahami proses hukum. Masyarakat sudah dapat membedakan bagaimana cara menyikapi suatu permasalahan dan menentukan jalan keluarnya. Dengan adanya dukungan Hotman Paris sebagai pengacara, diharapkan dapat menyadarkan masyarakat bahwa adanya ketidakjelasan sebuah aturan dan butuh penegakkan yang signifikan. Maka dari itu, diharapkan kejadian seperti ini tidak perlu terulang lagi dan masyarakat dapat menegakkan hukum dengan lebih adil lagi. Tetap bersifat netral dan positif dalam menanggapi suatu permasalahan yang ada di sekeliling kita. 

(LA)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar