Terganggu Notifikasi saat Bermain Game? Berikut Cara Mengatasinya

Luthfiana Mifta . July 28, 2020


Foto: KLGadgetGuy


Teknologi.id - Untuk kalian pecinta game, pasti pernah merasakan saat sedang asiknya bermain tiba-tiba muncul pesan notifikasi di layar, entah itu notifikasi dari WhatsApp, Instagram, Facebook, SMS, atau yang lainnya. Notifikasi tersebut bahkan bisa menutupi layar sehingga mengganggu jalannya permainan. Selain itu, juga bisa menyebabkan salah pencet sehingga malah berpindah aplikasi.

Beberapa smartphone memang memiliki fitur game mode di dalam skin Android mereka. Mode ini bisa menonaktifkan notifikasi Android saat bermain game, misalnya di Funtouch OS dari Vivo. Namun, bagi kalian pengguna smartphone yang tidak memiliki fitur ini, tenang saja. Berikut ini adalah cara yang bisa kalian lakukan agar tidak terganggu notifikasi saat bermain game di smartphone:

Baca juga: Tips Memilih Financial Planner yang Cocok untuk Kaum Milenial

1. Gunakan Do Not Disturb


Foto: Gadget Guide Online


Android memiliki fitur yang disebut ‘Jangan Ganggu‘ atau ‘Do Not Disturb' yang bisa kalian temukan di Quick Setting. Fitur ini memiliki beberapa pilihan, yaitu Senyap total (Total silence), Hanya alarm (Alarm only), dan Hanya Prioritas (Priority only). Kalian juga bisa mengatur waktu penggunaan fitur ini sendiri. Saat kalian menyalakan fitur ini, pesan notifikasi akan tetap masuk, namun tidak akan muncul (pop-up) di layar dan tidak akan bergetar sehingga tidak mengganggu kalian saat bermain game.

2. Mengatur Setelan Prioritas Notifikasi


Foto: urbandigital


Kalian bisa mengatur setelan prioritas untuk lebih lengkapnya. Untuk mengatur fitur ini, tekan tulisan 'Jangan ganggu', lalu klik Setelan Lainnya (More Settings). Di setelan ini, kalian bisa mengatur prioritas (notifikasi apa yang bisa muncul), blokir gangguan visual, atau pengaturan otomatis kapan fitur ini aktif. 

Kalian bisa mengatur prioritas ini lebih jauh lagi, misalnya notifikasi pesan dan panggilan telepon dari kontak tertentu. Kalian juga bisa mengatur agar orang yang menelpon berulang kali bisa masuk (bisa jadi karena ada hal penting). Jadi, setelan fitur ini bisa membuat kalian lebih nyaman. Kalian jadi bisa bermain game tanpa terganggu notifikasi, tetapi tetap bisa menerima pesan atau telepon tertentu sehingga sesuatu yang penting tidak akan terlewatkan.

Baca juga: Daftar Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik di Smartphone

(lm)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya