Smooth Operator, Fitur Auto Cropping untuk Video Vertikal

Adobe Project Smooth Operator

Bagi para kreator konten yang tertarik memublikasikan karyanya di IGTV, mereka pada dasarnya punya tiga 3 pilihan yaitu, membuat video yang benar-benar baru dengan orientasi vertikal,  mengunggah video dengan aspect ratio 16:9 standar, atau  mengedit videonya secara manual agar benar-benar optimal dalam format vertikal.

Pilihan 3 merupakan solusi atas masalah ini, namun muncul masalah baru. Yaitu proses pengeditannya yang cukup menyulitkan dan menyita banyak waktu.

Namun Adobe memberikan jawaban untuk semua masalah itu. Mereka kini tengah mengembangkan fitur bernama “Smooth Operator”. Smooth Operator pada dasarnya merupakan fitur cropping video yang mengandalkan kecerdasan AI Adobe Sensei.

Dalam implementasinya, Sensei memerhatikan sejumlah faktor yang dinilai sebagai bagian penting dari suatu video. Area yang di-crop akan berpindah-pindah dengan sendirinya mengikuti pergerakan bagian yang dinilai penting. Subjek videonya pun dapat lebih dari satu, Sensei dengan pandai dapat memutuskan kapan harus mengarahkan area yang di-crop ke subjek A dan kapan ke subjek B.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *