Review WD Black NVMe SSD 1TB: Miliki Kecepatan Baca dan Tulis yang Meyakinkan!

Review WD Black NVMe SSD 1TB: Miliki Kecepatan Baca dan Tulis yang Meyakinkan!Teknologi.id – Saat ini, Samsung secara konstan telah diakui sebagai produsen SSD terbaik dengan beberapa drive NVMe tercepat. Banyak perusahaan berusaha untuk melengserkan keunggulan Samsung tersebut, tetapi mereka gagal dalam memberikan tingkat kecepatan dan kualitas yang sama untuk produknya. Namun, Western Digital hadir dengan WD Black NVMe SSD 1TB yang dianggap mampu mengimbangi produk Samsung.

Ini adalah salah satu produk penting dari Western Digital. Jika kamu tertarik untuk mengenalnya lebih lanjut, maka kami akan memberikan informasinya dalam Tekno Review WD Black NVMe SSD 1TB.

Review WD Black NVMe SSD 1TB

Unboxing

Review WD Black NVMe SSD 1TB yang pertama, yaitu dari tampilan luarnya. WD Black NVMe SSD 1TB dikemas dalam kotak yang agak kecil dengan gambar drive yang terlihat di bagian depan. Western Digital membiarkan semua orang tahu bahwa produk ini adalah drive yang sangat cepat dengan tulisan 3.400 MB/s yang mudah dibaca. Ini juga ditampilkan tepat di sudut kiri bawah paket.

Di sebelahnya, kamu akan menemukan tiga kotak yang menunjukkan kapasitas drive, detail yang menggunakan 3D NAND, dan juga dilengkapi dengan garansi lima tahun.

Baca juga: Tekno Review: SSD WD Blue 3D NAND 1TB

Review WD Black NVMe SSD 1TB: Miliki Kecepatan Baca dan Tulis yang Meyakinkan!

Sedangkan di bagian belakang kotak, kamu akan melihat panel plastik kecil bening yang memungkinkanmu melihat drive walaupun masih tersimpan dengan aman di dalam kotak.

Selain detail dasar tentang produk, tidak ada informasi penting lainnya tentang WD Black NVMe. Selain produk, satu-satunya barang lain yang ada dalam paket adalah panduan garansi dan dokumen dukungan teknis.

Fitur

WD Black NVMe SSD ditawarkan dalam opsi penyimpanan 250GB, 500GB, dan 1TB. Dan seperti yang kita semua tahu, branding ‘Hitam’ menandakan bahwa itu dibuat untuk konsumen yang ingin mendorong PC mereka hingga batas dengan kinerja kecepatan tinggi termasuk gamer, kreatif, dan pengguna daya.

Review WD Black NVMe SSD 1TB: Miliki Kecepatan Baca dan Tulis yang Meyakinkan!
Sumber: PCmag India.

Perusahaan mengklaim bahwa ia dapat memberikan 3.400 MB/s kecepatan sequential read pada model 500GB dan 1TB. Namun, model 250GB menawarkan kecepatan sequential read 3.000 Mb/s. Sequential write berurutan adalah 1600 MB/s untuk model 250GB, 2500 MB/s untuk model 500GB, dan 2800 MB/s untuk model 1TB. Ini adalah tonjolan yang bagus dari model tahun lalu yang di atas kertas menghasilkan 2.050 MB/s sequential read dan hingga 800 MB/s sequential write.

Samsung 970 Evo, di sisi lain hadir dengan kecepatan baca sekuensial 3.400 MB/s untuk semua varian ukurannya dan 3.500 MB/s untuk varian 2TB. Sequential write berurutan adalah hal-hal yang menarik karena menawarkan 1500 MB/s, 2300 MB/s dan 2.500 MB/s untuk masing-masing model 250GB, 500GB, dan 1TB. Ini berarti bahwa WD menawarkan kecepatan menulis berurutan yang lebih cepat dan yang lebih penting mendekati Samsung.

Sedangkan untuk perangkat lunak, Western Digital menawarkan perangkat lunak WD SSD Dashboard yang dapat memantau kapasitas drivemu yang tersedia, suhu pengoperasian, atribut SMART, dan lainnya. Kamu juga dapat mengunduh perangkat lunak Acronis True Image WD Edition secara gratis, yang membantu mengkloning drive dan membuat cadangan sistem operasi, aplikasi, pengaturan, bersama dengan datamu. Menarik kan!

Baca juga: Tekno Review: WD My Cloud Pro Series PR2100, Akses File Jadi Lebih Mudah!

Performa

Review WD Black NVMe SSD 1TB selanjutnya, yaitu performa. WD Black NVMe SSD mungkin tampak terlalu rumit dibandingkan dengan penggunaan langsung V-NAND 64-layer Samsung, tetapi pasti memberikan hasil. Drive ini sejalan dengan 970 Evo dalam pembacaan berurutan dan mendapatkan petunjuk penting saat menulis data ke memori NAND-nya.

Ketika datang ke kecepatan transfer data acak, Black NVMe SSD sedikit lebih lambat saat membaca dan mengecewakan di belakang saat menulis meskipun memiliki tampilan yang mengesankan dengan kecepatan berurutannya. Ini juga yang pada akhirnya menghambat drive dalam tes transfer data kami, di mana drive membutuhkan waktu lebih lama untuk memindahkan file dan folder 10GB.

Pros:

  • Harga yang cenderung terjangkau
  • Peningkatan yang menonjol dibandingkan generasi sebelumnya
  • Sequential write yang lebih baik

Cons:

  • Kecepatan tulis random yang tidak terlalu memuaskan

Kesimpulan

Review WD Black NVMe SSD 1TB: Miliki Kecepatan Baca dan Tulis yang Meyakinkan!

Sebuah strategi yang tepat bagi WD dalam menghadirkan SSD WD Black terbaru ini. Seolah tidak puas dengan performa yang ditawarkan SSD WD Black generasi pertama, WD langsung bergerak cepat menawarkan SSD WD Black terbaru ini ke pasaran beberapa bulan lalu.

Secara keseluruhan, performa SSD WD Black ini jauh lebih unggul dibandingkan SSD WD Black generasi sebelumnya. Perbedaan spesifikasi antara keduanya yang signifikan berhasil menawarkan performa Read/Write yang lebih tinggi untuk SSD berbasiskan chip 3D NAND ini.

Untuk WD Black NVMe SSD berkapasitas 1 TB ini, WD membanderolnya dengan harga sekitar Rp5.400.000 dan memiliki garansi selama 5 tahun. Harga tersebut tergolong cukup terjangkau jika dibandingkan dengan beberapa SSD di kelas dan kapasitas yang sama.

(ERS)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *