Permudah Difabel, Tokopedia Rilis Fitur Voice Over

Fabian Pratama Kusumah . December 05, 2021

Foto: Tokopedia

Teknologi.id – Pada hari Difabel Sedunia 3 Desember, Tokopedia secara resmi meluncurkan fitur Voice Over.

Fitur ini ditujukan untuk pengguna difabel, khususnya tunanetra, agar lebih mudah dalam menggunakan aplikasi Tokopedia.

Engineering Manager Tokopedia Ferico Samuel mengatakan, pihaknya berharap bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan.

Termasuk kaum difabel dalam memenuhi kebutuhannya. "Khususnya kepada difabel, akses digital dalam beragam kebutuhan menjadi lebih mudah,”

“Apalagi, selama pandemi Covid-19, mobilitas masyarakat ke luar rumah menjadi berkurang dan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, difabel pun banyak mengandalkan layanan digital," ujar Ferico saat jumpa pers virtual.

Ide terkait fitur ini mulai muncul sejak awal tahun dan terus dikembangkan oleh Tokopedia.

Pengembangan fitur ini juga melibatkan pengguna Tokopedia yang difabel, sehingga menjadi lebih relevan.

“Fitur Voice Over terus dikembangkan sesuai masukan rekan-rekan difabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka," ujarnya.

Baca juga: Tokopedia Buat Event Gratis Untuk Para Technology Enthusiast

"Melalui fitur ini, pengguna akan mendapatkan informasi berupa suara dari perangkat yang mendeskripsikan konten-konten di aplikasi Tokopedia," tambah Ferico.

Saat ini, fitur Voice Over sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem ponsel, termasuk Android beberapa waktu mendatang.

"Kita datangkan ini ke pengguna Apple dahulu karena memang perusahaan teknologi tersebut sudah memiliki fitur Voice Over di dalamnya, pada Siri khususnya. Untuk pengguna Android, tunggu tanggal mainnya," kata Ferico.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar