Mengenal Apa itu Smart Device dan Contohnya

Sagara Technology . December 20, 2021



Picture by Unsplash

Apa itu Smart Device?

Smart Device adalah perangkat  elektronik yang umumnya terhubung, berbagi, dan berinteraksi dengan penggunanya menggunakan protokol nirkabel yang berbeda seperti Bluetooth, Zigbee, NFC, Wi-Fi, LiFi, 5G, dll.

Beberapa  Smart Device yang terkenal adalah telepon pintar, mobil pintar, termostat pintar, bel pintu pintar, kunci pintar, lemari es pintar dan banyak lainnya.

Smart Device dirancang untuk mendukung kegiatan manusia dalam berbagai faktor, berbagai properti yang berkaitan dengan komputasi Smart Device digunakan dalam tiga lingkungan: dunia fisik, lingkungan yang berpusat pada manusia, dan lingkungan komputasi terdistribusi.

Dibawah ini adalah contoh beberapa Smart Device:

1. Smart Lamp

Merupakan produk dari Bardi Smart Home yang bisa berganti warna sesuai keinginan pengguna dengan menggunakan Smartphone. Bardi Smart Home merupakan salah satu produsen perangkat IOT bardi memproduksi berbagai macam produk mulai dari bohlam lampu sampai dengan kamera pintar. Untuk saat ini produk bardi banyak bertebaran di berbagai marketplace terkenal di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia dan juga Blibli. Permintaan pasar di asia tenggara yang terus meningkat membuat bardi membuat kerjasama strategis dengan berbagai marketplace tersebut untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat.

Picture by Bardi

2. Google Nest Hub

Google Nest Hub atau bisa juga disebut Google Assistant merupakan perangkat keluaran dari google yang memiliki kemampuan AI (artificial intelligence) yang canggih.

Google Nest Hub memiliki banyak fitur antara lain:

  • Mendengarkan musik dan video dari Youtube dan Spotify
  • Mengontrol TV dan speaker berkemampuan chromecast dengan perintah suara
  • Membuat jadwal harian
  • Mengontrol perangkat CCTV rumah
  • Membuat timer dan alarm
  • Melakukan panggilan telepon

Picture by Pngitem

3. Google Chromecast

Chromecast merupakan perangkat smart home buatan Google yang punya fungsi seperti antena WiFi.  Bentuk seperti disc, perangkat canggih ini biasa digunakan untuk melakukan mirroring smartphone atau laptop ke layar TV. Mirroring adalah  menampilkan smartphone/laptop ke layar TV atau monitor yang lebih besar. Alat ini biasanya digunakan untuk melakukan zoom meeting dan ingin tampilan layarnya lebih besar.


Picture by brickseek


Baca Juga: Trend Teknologi Tahun 2022

4. August Wifi Smart Lock

August WiFi Smart Lock adalah sebuah pintu rumah canggih yang bisa mengunci atau membuka sendiri saat kamu datang. Perangkat ini terhubung melalui wifi kamu bisa mengontrolnya dari jarak jauh lewat aplikasi seluler. Aplikasi ini mampu berintegrasi dengan Apple Siri, Google Assistant, dan Amazon Alexa agar bisa dikontrol melalui perintah suara. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Smart Lock August adalah fitur DoorSense dimana pengguna akan diberitahu jika pintu dibiarkan terbuka atau ada seseorang yang ingin masuk secara paksa.

Picture by mikeshouts

author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Sagara Technology

Tinggalkan Komentar

0 Komentar