Inilah 4 Inovasi Teknologi di Bidang Pertanian dan Peternakan

Perkembangan teknologi yang begitu pesat belakangan ini memungkinkan siapa pun dapat ikut memanfaatkan teknologi tersebut untuk berbagai keperluan. Beberapa diantaranya adalah bidang pertanian dan peternakan yang juga tak luput dari pemanfaatan teknologi. Hal ini dibuktikan dengan banyak bermunculannya inovasi karya anak bangsa yang bertujuan memberikan kemudahan pada para petani dan peternak Indonesia serta meningkatkan kualitas hasil tani dan ternak. Berikut empat inovasi teknologi karya anak Indonesia berupa aplikasi Android dan iOS yang bertujuan memudahkan para peternak dan petani di Indonesia.

 

  • CI-Agriculture

 

CI-Agriculture yang dibuat oleh Mediatrac adalah platform yang hadir sebagai solusi untuk para petani untuk menyelesaikan permasalahan pertanian dari mulai pengolahan lahan hingga penjualan dengan sistem manajemen berbasis analis cuaca, sensor tanah, citra satelit, serta drone.

 

  • 8Villages

 

8Villages berisi tentang berita terupdate seputar pertanian dan media pemasaran produk yang dikhususkan untuk para petani. Petani juga dapat berkonsultasi dengan para pakar dan mengetahui perkembangan teknologi bidang pertanian melalui aplikasi ini.

 

  • Habibi Garden

 

Habibi garden adalah platform khusus pertanian dan perkebunan yang berfungsi mengoptimalkan pertumbuhan tanaman melalui teknologi otomatis yang memantau dan menjaga kondisi tanaman. Habibi Garden dilengkapi oleh sensor untuk mengumpulkan data temperature, intesitas cahaya, kelembapan udara, kadar air di dalam tanah, serta nutrisi yang terkandung di tanah.

 

  • E-Fishery

 

E-fishery adalah aplikasi buatan anak bangsa yang berfungsi memberi makan ikan secara otomatis, terjadwal dan sesuai takaran. Aplikasi ini diciptakan berdasarkan fakta bahwa pemberian makan ikan secara tradisional dinilai tidak efisien. Dengan pemberian pakan yang terjadwal dan dengan ‘dosis,’  eFishery terbukti dapat menurunkan jumlah pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu kilogram daging hingga 24%. Dengan kata lain, penggunaan pakan menjadi lebih efisien. (nks)

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Baca juga: Inilah 7 Aplikasi Teraneh yang Tidak Pernah Kamu Sangka Ada.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *