Ini Keunggulan dan Target Pasar Maskapai Super Air Jet

Fabian Pratama Kusumah . May 04, 2021

Foto: PinterPoin

Teknologi.id – Bisnis penerbangan Tanah Air kedatangan pemain baru seiring diperkenalkannya maskapai penerbangan baru bernama Super Air Jet yang akan mengudara dalam waktu dekat ini.

Kemunculan maskapai baru Super Air Jet mengundang banyak perhatian. Pasalnya, Super Air Jet muncul di saat industri penerbangan sedang banyak defisit akibat dihantam pandemi Covid-19.

Maskapai atau airline tersebut dipimpin oleh seorang Direktur Utama (Chief Executive Officer) bernama Ari Azhari.

Dalam keterangannya, Ari Azhari menjelaskan, fokus utama maskapai ini adalah menawarkan konsep berbiaya rendah alias low cost carrier (LCC).

Kehadiran Super Air Jet meramaikan segmentasi pasar LCC yang sudah lebih dulu digeluti oleh beberapa airline seperti Citilink, AirAsia Indonesia, serta Lion Group melalui Lion Air dan Wings Air.

Baca juga: Pesawat Hoverboard Ini Mampu Terbang Sambil Membawa Manusia

“Super Air Jet didirikan atas dasar optimis bahwa peluang pasar khususnya kebutuhan penerbangan dalam negeri (domestik Indonesia) masih ada dan terbuka luas,”

“Ada permintaan yang sangat kuat dari masyarakat untuk perjalanan udara saat ini, terutama para milenial,” ujar Ari dikuip dari Kompas hari Selasa 04 Mei 2021.

Pada tahap awal, Super Air Jet akan mengoperasikan armada generasi terbaru yaitu Airbus A320- 200 yang berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi.

Super Air Jet memiliki sejumlah pertimbangan menyasar generasi muda dari beberapa hal sebagai berikut:

  • Kecenderungan dan pertimbangan dari perkembangan teknologi yang pesat, dengan demikian anak-anak muda lebih mementingkan pengalaman langsung.
  • Berkeinginan untuk mengunjungi langsung ke kota-kota yang menawarkan pengalaman tersendiri.
  • Tertarik untuk menggali berbagai atraksi atau mengeksplor keindahan suatu tempat, khususnya objek wisata dan sangat berkesan pada hal unik.
  • Anak-anak muda mayoritas telah memiliki penghasilan sendiri dan dapat mengelola keuangannya, sehingga mampu menyisihkan banyak bujet (anggaran) untuk perjalanan.
  • Setiap pilihan untuk terbang pasti sudah dipertimbangkan.

Baca juga: Tak Lagi Bergantung Traveloka, AirAsia Akan Jual Tiket Sendiri

Segmen anak muda dinilai akan terus tumbuh pesat dan Super Air Jet bersiap untuk meraih pasar itu melalui konsep “super cost” yakni menawarkan layanan maskapai berbiaya paling hemat.

Saat ini Super Air Jet masih dalam proses mendapatkan air operator certificate (AOC) atau sertifikat operator penerbangan.

Sertifikat tersebut diyakini akan segera didapatkan Super Air Jet yang diperkirakan 1 sampai 3 bulan lagi, atau paling lambat bulan November.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler