IBM Simon, Smartphone Pertama di Dunia

Image result for ibm simon

Smartphone adalah perangkat cerdas yang hadir untuk dimanfaatkan dalam kebutuhan sehari-hari manusia. Informasi, kebutuhan gaya hidup, bahkan belanja dapat dilakukan dengan menggunakannya. Ponsel pintar ternyata sudah digunakan sejak lama. Tercatat, ponsel pintar pertama diperkenalkan sejak era 90-an.

Rilis pada 1992 IBM dan BellSouth menunjukkan Simon IBM Simon, yang menggabungkan teknologi PDA dan telepon seluler dalam satu perangkat. Yang pertamakali dipamerkan dalam ajang COMDEX di Las Vegas, Amerika Serikat pada 23 November 1992.

Ponsel cerdas ini awalnya dibanderol dengan harga yang bisa dikatakan mahal. Pada waktu itu, perusahaan membanderol harga 900 dollar AS. Namun, kemudian BellSouth menurunkan harga jual Simon menjadi 600 dollar AS, dikarenakan harganya yang dianggap terlalu mahal.

Simon menjadi ponsel pertama yang tersedia secara komersial dengan layar sentuh, meskipun perangkat PDA sebelumnya telah memamerkan berbagai teknologi layar sentuh portabel. IBM dan BellSouth menyertai Simon dengan sistem navigasi yang mudah dengan pensil stylus, ataupun pengguna juga dapat menggunakan jari.

Pada saat itu Simon sudah dilengkapi oleh beberapa aplikasi seperti penyimpanan kontak telepon, kalkulator, kalender, fax, Email, pesan, Notepad, alarm dan aplikasi permainan lain. Saat itu, semua ini tak disebut aplikasi namun sering menyebutnya dengan fitur.

Salah satu fitur canggih dalam Simon adalah “PredictaKey” yang bisa muncul ketika kita menuliskan pesan ataupun manual. Dalam fitur ini Simon memberikan kemudahan kepada pengguna ketika menulis akan menunjukan karakter apa yang pengguna mungkin butuhkan.

Baterai Simon ini hanya bertahan 1 jam saja, terhitung boros untuk daya tahan baterai ponsel dengan harga yang mahal. Karena faktor tersebut, Simon menghilang dari peredaran sekitar dua tahun setelah peluncurannya. Kini, IBM Simon yang telah berumur 20 tahun dipajang dalam pameran Museum Sains London. Meskipun istilah “smartphone” belum dikenal hingga 1995, karena fitur dan kemampuannya, Simon kerap dianggap sebagai smartphone pertama di dunia.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *