Ini Yang Diperlukan Untuk Live Streaming PC

Teknologi.id – Kalau kamu suka banget degan live streaming seperti Streamer Legenda Ninja ini, tentunya kalian harus siap dengan perlengkapan dan peralatan yang memadai. Beberapa komponen merupakan komponen kunci supaya kamu bisa live-streaming dengan lancar.

Kira-kira apa saja sih yang kita butuhkan untuk live-streaming? Mari kita bahas!

1. Headset

Headset merupakan perlengkapan yang wajib aplagi harus memakai headset yang ada microphonenya. Kalian tidak mau kan kalau suara game kalian didengar oleh orang tua kalian atau mungkin tetangga?

Headset memang perlengkapan yang wajib diperlukan karena kita bisa berinteraksi secara langsung dan berkomentar langsung. Kita juga tidak mau streaming dengan silent mode menyala kecuali kalau emang mau silent challenge atau membalas hanya dengan texting saja.

2. Koneksi Internet

Koneksi Internet merupakan salah satu komponen wajib untuk live streaming. Lebih baik lagi kalau kita mempunyai koneksi internet yang lancar. Biznet, Indihome, MNC Vision, MyRepublic, atau internet lainnya yang memiliki kecepatan yang tinggi dan stabil.

Kalau kita tidak memiliki koneksi internet yang stabil, kita justru tidak bisa melakukan live streaming dengan efisien. Apalagi penonton jadi enggak enak karena lag yang secara terus menerus.

3. Dua Layar Untuk Live Streaming

Umumnya para streamer memiliki lebih dari satu layar untuk streaming. Kenapa harus punya lebih dari satu layar? Satu layar digunakan untuk bermain game dan satu layar lagi untuk membuka program pendukung seperti OBS, Discord, atau chat. Hal itu diperlukan supaya kamu tetap bisa berinteraksi dengan mereka tanpa perlu alt-tab untuk selalu mengeceknya.

Lagipula kita juga repot kalau kita terus berganti program untuk mengecek chat. Apalagi beberapa game memang tidak enak dimainkan kalau bukan mode fullscreen.

4. Tempat Duduk Yang Nyaman

Kursi gamer biasanya memang memiliki kursi khusus namun bukan berarti kita bisa duduk enak gitu aja. Posisi duduk dan bentuk kursi memang menjadi salah satu kenyamanan kita dalam melakukan live streaming. Kalau kita terus mengubah posisi tempat duduk, kita juga enggak bakal enak dilihat sama orang yang menonton kita.

5. Kamera

Webcam memang dibutuhkan untuk para streamer karena itu akan mengiklankan ciri khas kamu. Selain itu, mereka juga bisa lihat ekspresi kamu ketika menang, kalah, atau melakukan sesuatu yang”nyeleneh” di depan mereka. Asal kalian tetap melakukan live streaming sesuai ketentuan, tidak ada masalah kok.

6. Mouse dan Keyboard

Memiliki mouse dan keyboard sih memang simpel. Tapi mungkin kita harus cari yang benar-benar tahan lama karena kita tidak tahu sendiri bagaimana gaya permainan kita di setiap game yang kita mainkan. Bisa saja salah satu keyboard kamu bengkok atau perlahan-lahan mulai “turun” karena keseringan spam keyword tersebut.

7. Kabel Yang Berkualitas dan Tahan Lama

Mungkin kita merasa tidak enak dong kalau kita punya kabel, tapi ternyata justru kualitasnya jelek. Apalagi kalau kita lagi live streaming tapi ternyata justru terkena masalah kabel. Meski susunan kabel rapih, eh tau-tau ada kecacatan begitu dipakai. Enggak enak kan?

8. Perawatan Komputer

Seyahud apapun komputer kamu, perawatan itu adalah hal wajib. Thermal paste di komputer kamu akan hilang seiring waktu dan itu akan membuat komputer kamu tidak bisa menahan panas tahan lama. Hasilnya, komponen komputer kamu akan terbakar dan tidak akan bisa dipakai lagi. Jika kamu sering live streaming, bawalah untuk perawatan maksimal enam bulan sekali.

Nah, dari daftar yang di atas, kira-kira apa yang kurang dari kalian hayo~~

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *