5 Tips Merawat Earphone Agar Tak Cepat Rusak

Tips merawat earphone.

Teknologi.id – Earphone merupakan salah satu perangkat yang sering kita bawa bepergian kemana-mana. Saat ini, earphone sudah ada yang hadir dengan kabel ataupun wireless. Setiap jenisnya pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Selain sering kita gunakan untuk menerima atau melakukan panggilan telepon, earphone juga sudah menjadi aksesoris wajib saat mendengarkan musik, menonton film atau streaming video.

Sayangnya, earphone jarang sekali mendapatkan perawatan yang seharusnya. Karena bentuknya yang fleksibel, kita gampang sekali meletakkannya secara sembarangan, digulung seenaknya, atau tak sengaja tertarik-tarik hingga akhirnya menjadi rusak.

Nah, kali ini kami akan memberikan 5 tips merawat earphone sehingga bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

1. Kurangi penggunaan earphone dengan volume yang terlalu keras.

Tips merawat earphone yang pertama adalah dengan mengurangi kebiasaan memasang volume yang terlalu keras atau kencang. Kebiasaan tersebut dapat membuat komponen di dalamnya menjadi mudah rusak. Bahkan, lama-kelamaan suara yang dihasilkan menjadi tidak jernih seperti awal menggunakan.

Tidak hanya itu, earphone-mu juga bisa mengalami “kebocoran suara”. Apa itu?

Kebocoran suara ditandai ketika suara menjadi tidak teredam lagi. Kamu dapat mendengar suara-suara dari luar meskipun sudah memasang earphone dengan volume yang kecil.

Selain itu, dari segi kesehatan juga dapat berpengaruh. Telingamu adalah bagian tubuh yang paling menerima efek terburuk dari penggunaan earphone yang sembarangan. Telinga dapat menjadi tidak peka lagi terhadap suara-suara yang kamu dengar di sekitarmu. Jadi, mulai biasakan ya menggunakan earphone dengan volume sekitar 50%-75% saja.

2. Jangan menggulung kabel earphone sembarangan.

Kamu pasti pernah menggulung kabel earphone-mu secara sembarangan ketika sedang terburu-buru bukan?

Earphone memang memiliki kabel yang kadang merepotkan. Namun, sebaiknya kamu tidak menggulung kabelnya secara sembarangan. Karena, hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada kabel ataupun membuatnya menjadi mudah kusut.

Dengan tekstur kabel yang mudah rusak, kamu disarankan untuk menggulung kabel earphone dengan menggunakan metode gulung simpul. Lakukan metode tersebut setelah kamu menggunakannya atau ketika sedang bersiap-siap membawanya pergi.

Baca juga: Earphone Google Pixel Buds Dapat Terjemahkan 40 Bahasa Secara Real Time

3. Bersihkan kepala earphone.

Tips merawat earphone selanjutnya adalah dengan rajin membersihkan bagian kepala earphone secara berkala.

Kamu bisa menggunakan air hangat yang sudah di campur dengan cairan disinfektan secukupnya untuk membersihkan bagian tersebut. Gunakan kapas atau cotton bud untuk mengusapnya secara perlahan. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan.

Selain itu, kamu juga membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi. Sebelumnya, pastikan kalau sikat gigimu dalam kondisi yang kering ya. Kemudian, gosokkan secara perlahan di bagian kepala earphone. Dengan begini, kamu akan mendapatkan earphone-mu dengan suara yang nyaring lagi.

4. Keringkan telingamu saat memakai earphone.

Air adalah salah satu penyebab yang dapat membuat earphone-mu cepat rusak. Secara tidak sadar, kita juga suka menggunakannya dalam keadaan telinga yang masih basah atau berkeringat.

Padahal, hal ini sangatlah tidak dianjurkan terutama bagi kesehatan earphone ataupun telingamu. Terlebih lagi, earphone yang merupakan barang elektronik memiliki kemungkinan korsleting jika terkena air.

Oleh karena itu, biasakan mengeringkan telingamu terlebih dahulu menggunakan tisu atau kain kering saat ingin menggunakan earphone. Baik itu sehabis mandi, cuci muka, berwudhu, atau berolahraga. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari kemungkinan yang tidak diinginkan.

5. Simpan earphone menggunakan tempat khusus.

Dimana biasanya kamu meletakkan earphone selama ini? Jika kamu masih meletakkannya di mana saja, kini mulailah untuk memulai kebiasaan baru.

Kamu bisa meletakkan earphone kesayanganmu di sebuah wadah/casing khusus. Wadah itu biasanya berbentuk seperti casing kamera pocket. Jika kamu meletakkannya di sana, keamanan dari earphone dapat terlindungi.

Earphone merupakan barang yang sangat sensitif dan mudah rusak jika kamu tidak menjaganya dengan hati-hati. Mulai sekarang, perhatikan kebersihan dan kesehatan dari earphone-mu ya.

Selain 5 tips merawat earphone di atas, hal yang juga perlu kamu perhatikan adalah tidak meminjamkannya ke sembarang orang. Layaknya sikat gigi, kamu tidak akan pernah tahu kuman atau kotoran apa yang ada di telinga orang tersebut. Di samping itu, dia juga bisa saja lupa untuk mengembalikannya kepadamu. Berhati-hatilah!

(ERS)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *