Samsung Gandeng Xiaomi Luncurkan Sensor Kamera 108 Megapixel

samsung xiaomi
Foto: Hypebeast

Teknologi.id – Samsung berkolaborasi dengan Xiaomi untuk meluncurkan sensor kamera terbarunya, yaitu Isocell Bright HMX.

Sensor kamera baru itu diklaim sebagai sensor 100 megapiksel pertama di industri smartphone yang mampu menunjang modul kamera hingga resolusi 108 megapiksel.

“Lewat kerja sama yang erat dengan Xiaomi, Isocell Bright HMX adalah sensor smartphone pertama yang memiliki lebih dari 100 juta piksel,” ujar Executive Vice President of Sensor Business Samsung Electronics, Yongin Park, dalam keterangan yang tertulis di blog resmi Samsung.

Baca juga: Samsung Galaxy A10s Resmi Meluncur dengan Baterai 4000mAh

Sensor ini secara teori mampu menghasilkan gambar hingga resolusi 12.032 x 9.024 dengan masing-masing piksel berukuran 0,8 mikron.

Berkat teknologi Tetracell dari Samsung, sensor dapat menghasilkan gambar dengan detail tajam beresolusi 27 megapiksel. Gambar tersebut dihasilkan melalui teknologi pixel-merging, di mana masing-masing piksel 0,8 mikron tadi digabungkan menjadi berukuran 1,6 mikron.

Untuk ukuran sensor, Isocell Bright HMX memiliki ukuran sensor 1/1,33 inci, di mana 125 persen lebih besar daripada sensor Isocell Bright GM1.

Sensor sebesar itu diklaim membuat Isocell Bright HMX dapat menghasilkan foto yang sangat terang meski dalam kondisi pencahayaan sangat minim.

Isocell Bright HMX juga dibekali dengan fitur Smart-ISO. Fitur ini memungkinkan kamera menyesuaikan pengaturan sensitivitas cahaya secara otomatis dan dapat mengurangi noise berlebih demi menghasilkan foto yang optimal. 

Baca juga: Oppo Ungguli Samsung Jadi Smartphone Nomor Satu di Indonesia

Untuk perekaman video, sensor Isocell Bright HMX juga bisa merekam video hingga resolusi 6K (6.016 x 3.384) dengan frame rate 30 fps. 

Xiaomi digadang-gadang akan menjadi vendor smartphone pertama yang mengadopsi sensor kamera 108 megapiksel yang rencananya akan mulai diproduksi pada Agustus ini.

Menurut rumor yang beredar, ponsel Xiaomi Mi Mix 4 bakal diluncurkan dengan sensor tersebut pada Oktober mendatang. Namun kabar ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Mari kita tunggu saja.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending